Universitas Pattimura Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2024 secara Daring

Share:


satumalukuID - Universitas Pattimura Ambon menggelar Sosialisasi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024, Rabu (24/1/2024).

Sosialisasi secara daring ini menghadirkan narasumber Bekti Cahyo Hidayanto, S.Si, M.Kom selaku Sekretaris Eksekutif SNPMB dan diikuti oleh para Dekan, para Ketua Jurusan/Prodi Universitas Pattimura, para Kepala Sekolah, Guru serta siswa-siswi se Provinsi Maluku.

Rektor Universitas Pattimura Prof Dr Fredy Leiwakabessy, MPd dalam sambutannya mengatakan, sosialisasi SNPMB merupakan momen penting terkait dengan persiapan seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu akses informasi yang dapat diketahui para kepala sekolah, guru maupun para siswa serta masyarakat umum, untuk menghindari agar  tidak terlambat mendaftar akun SNPMB.

Rektor juga mengatakan, Provinsi Maluku sering kali mengalami kendala di sekolah-sekolah yang tidak melakukan update di Pangkalan Data Siswa (PDSS) sehingga kemungkinan terjadi kesulitan untuk membuat akun SNPMB. 

Sekolah maupun siswa harus mendaftar di Pangkalan Data Siswa (PDSS) dan memiliki akun SNPMB untuk dapat mengikuti seleksi SNBP maupun SNBT.

Sosilisasi ini akan memberikan pemahaman terkait mekanisme mulai dari proses pendaftaran, jadwal  pelaksanaan seleksi sampai pengumuman hasil seleksi sehingga sekolah maupun siswa tidak terlambat untuk mendaftarakan akun.

[cut]

Dikatakan Unpatti memiliki 74 program studi sarjana (S1), 17 prodi program magister dan 4 prodi program doktor.

Para siswa yang dapat memilih salah satu program studi yang ada Universitas Pattimura sesuai dengan bakat dan minat masing-masing siswa.

Rektor berharap, semua pemaparan materi yang disampaikan dapat disimak oleh para kepala sekolah, guru dan siswa sehingga semua proses dapat berjalan dengan baik.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Dr Ir Insun Sangadji, MSi menyambut baik sosialisasi SNPMB yang diselenggarakan oleh Unpatti.

Insane menjelaskan, SNPMB yang dilaksanakan oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BBPPP) memiliki 2 jalur yaitu, Seleksi Nasional berdasarkan Prestasi dan Seleksi Nasional berdasrkan Tes.

Dari kedua jalur ini memiliki prosedur yang berbeda yaitu memberikan kesempatan kepada para siswa sesuai dengan kriteria masing-masing jalur untuk menjadi mahasiswa pada Perguruan Tinggi yang di pilih.

“Khusus untuk Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tentunya ini kesempatan emas bagi para siswa guna menjadi mahasiswa pada jurusan dan universitas favoritnya yang dinilai berdasarakn prestasi akademik maupun non akademik yang diperolehnya selama menjadi siswa. Demikian pula Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tentunya memiliki persyaratan dan prosedur tersendiri’Ungkapnya.

Insun berharap, para kepala sekolah, guru maupun siswa dapat memperhatikan semua materi yang disampaikan oleh narasumber dengan seksama sehingga dapat pamahami setiap  persyaratan, prosedur dan jadwal dari masing-masing jalur dengan demikian  para siswa dapat terakomodir di kedua jalur sesuai dengn potensi, minat dan bakat. (aldi)

Share:
Komentar

Berita Terkini