Kebakaran Lahan 3000 Meter Persegi di Kawasan Gunung Nona Berhasil Dipadamkan

Share:


satumalukuID - Satuan Tugas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Dalkarhutla) Dinas Kehutanan Provinsi Maluku berhasil memadamkan kebakaran lahan seluas 3.000 meter persegi di kawasan Gunung Nona Kota Ambon.

Kebakaran tersebut terjadi Kamis dini hari (25/1/2024), akibat upaya pembukaan lahan oleh masyarakat menggunakan metode pembakaran yang tidak dapat dikendalikan.

Pemadaman dilakukan dengan menggunakan satu unit mobil pemadam kebakaran oleh Dalkarhutla Dinas Kehutanan Provinsi Maluku dan satu unit mobil tangki air dalam waktu satu jam.

Meskipun kondisi topografi berbukit, area tersebut masih dapat dijangkau dengan kendaraan.

Tim Satgas Dishut Maluku melakukan pemadaman dan pendinginan, menemukan beberapa anakan pisang yang baru ditanam di lahan tersebut.

Plh Kepala Dinas Kehutanan Maluku, Haikal Baadila, mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kesadaran menjaga lingkungan dan menghindari penggunaan sistem pembakaran saat membuka lahan.

[cut]

Dia juga mengajak masyarakat untuk gencar menanam pohon sebagai upaya mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim yang terjadi.

Haikal menekankan pentingnya tanam pohon dan meningkatkan kesadaran lingkungan sebagai langkah konkret dalam menyikapi isu perubahan iklim di Maluku.

Pihak Dishut Maluku melakukan pengecekan untuk memastikan tidak ada bunga api yang berisiko menjalar, sehingga dapat mencegah terjadinya kebakaran baru di lahan sekitarnya.

Selain itu, mereka juga terus melakukan upaya mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim dengan menyusun dokumen rencana sub nasional folu net sink Provinsi Maluku 2030. (aldi)

Share:
Komentar

Berita Terkini