Pemkot Ambon Dukung UMKM dengan NIB Gratis, Dukungan Pemasaran, dan Fasilitas dari BI

Share:

Balai Kota Ambon

satumalukuID - Pemberian NIB (nomor induk berusaha) gratis, dukungan pemasaran, dan fasilitas dari Bank Indonesia adalah langkah konkret yang diambil Pemerintah Kota Ambon untuk memajukan UMKM dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi di daerah setempat.

“Pemerintah Kota Ambon memiliki komitmen kuat untuk mendukung pengembangan pelaku UMKM dengan memberikan kemudahan dalam menjalankan usaha,” kata Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena, Sabtu (30/9/20230.

Pemerintah Kota Ambon, ungkap Wattimena, menargetkan pembuatan 1.000 NIB bagi pelaku UMKM di kota tersebut setiap bulan.

Selain NIB, Pemerintah Kota Ambon juga berusaha untuk membantu pemasaran produk pelaku UMKM dengan meminta tanggung jawab sosial dari ritel modern yang ada di kota Ambon.

Bank Indonesia Perwakilan Maluku juga berperan dalam membantu pelaku UMKM.

“Mereka memfasilitasi pelaku UMKM menjadi bapak angkat dan memberikan fasilitas kepada pelaku UMKM yang memenuhi syarat untuk ekspor produk,” timpal Wattimena.

Dia juga mengakui bahwa pihaknya terbatas dalam menciptakan lapangan kerja, dan dukungan dari sektor swasta atau luar daerah sangat diperlukan untuk menjawab tantangan ini. (aldi josua)

Share:
Komentar

Berita Terkini