Tradisi Karnaval Abdau Warnai Perayaan Idul Adha di Tulehu

Share:

Tradisi Abdau di Negeri Tulehu

satumalukuID - Tradisi Karnaval Abdau yang dilaksanakan setiap tahun bersamaan dengan perayaan Idul Adha kembali dilaksanakan masyarakat Negeri Tulehu, Maluku Tengah.

Tahun ini, Karnaval 1444 Hijriah/2023 Masehi Negeri Tulehu, dilaksanakan di Pelataran Pasar Swalayan Tulehu, Kamis (29/6/2023) .

Sekda Maluku Sadali Ie yang mewakili Gubernur Murad Ismail, membuka acara tersebut.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Maluku, saya memberikan apresiasi kepada pemerintah dan masyarakat Negeri Tulehu, karena hingga saat ini masih mampu menjaga, memelihara dan mengembangkan warisan leluhur ini,’’ ungkap Gubernur dalam sambutannya yang disampaikan Sadali Ie.

Pemprov Maluku, kata Sadali, khususnya Gubernur mengapresiasi ritual Karnaval Abda’u yang diselenggarakan setiap tahun pada perayaan Idul Adha oleh warga Negeri Tulehumasih tetap terjaga hingga saat ini.

Dikatakan, tradisi Abda’U mengandung nilai ibadah kepada Allah SWT yang harus mampu diinternalisasikan oleh masyarakat muslim terutama masyarakat negeri Tulehu kedalam kehidupan sehari-hari.

“Tradisi ini harus dijaga dan dapat diwariskan ke anak cucu sebagai generasi pewaris,” pintanya.


Dia berharap, momen Abda’U harus dikemas dengan lebih menarik, sehingga memberikan daya pikat dan ketertarikan tersendiri sebagai modal sosial kultur berbasis kearifan lokal yang memberikan dampak ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat di Negeri Haturesi ini. (aldi josua)

Share:
Komentar

Berita Terkini