Pemerintah Gelar Gerakan Pangan Murah di Kota Ambon 26 Juni 2023

Share:


satumalukuID - Kota Ambon masuk dalam jadwal pelaksanaan Gerakan Pangan Murah (GPM) atar pasar murah pada 26 Juni 2023. 

GPM dilaksanakan Pemerintah untuk memastikan ketersediaan pasokan dan kelengkapan harga pangan jelang Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) Idul Adha.


“Pelaksanaan GPM serentak ini secara resmi akan diluncurkan, Senin pagi, 26 Juni 2023, di Jakarta, dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Dalam Negeri, Menteri Perdagangan, Kepala NFA, serta perwakilan kementerian/lembaga terkait," kata Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) I Gusti Ketut Astawa, di Jakarta, Sabtu (24/6/2023).


Dalam kesempatan tersebut sekaligus dilaksanakan pemecahan Rekor MURI untuk kategori gerakan pangan yang diadakan di lebih dari 300 titik pelaksanaan berbeda.


Deputi Ketut menuturkan bahwa pada pelaksanaan GPM serentak tersebut, masyarakat di sekitar provinsi dan kabupaten/kota pelaksana bisa mendapatkan kebutuhan pangan pokok berkualitas dengan harga terjangkau untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau untuk mempersiapkan pelaksanaan hari raya Idul Adha.


Pelaksanaan pasar murah ini akan menyediakan berbagai bahan pangan pokok dengan harga terjangkau atau di bawah harga pasar, seperti beras, telur, cabai, bawang merah, bawang putih, daging ayam, daging sapi, gula, minyak goreng, serta aneka sayuran, dan buah-buahan.


“Sampai 24 Juni ini berdasarkan data dan konfirmasi yang sudah masuk kepada kami, telah terdaftar 333 titik lokasi pelaksanaan, yang terdiri dari 37 provinsi dan 296 kabupaten/kota. Jumlah ini masih bisa bertambah,” ujarnya pula.


Lebih lanjut, ia mengungkapkan, beberapa daerah bahkan menjadwalkan pelaksanaan GPM lebih dari satu hari, di antaranya ada yang dari tanggal 26 sampai 28 Juni.


“Kami imbau masyarakat memanfaatkan kegiatan ini sebaik-baiknya dengan menghadiri dan berbelanja di GPM terdekat. Untuk lokasi atau titik alamat pelaksanaannya bisa mengikuti informasi di instagram @badanpangannasional atau sosial media pemerintah provinsi, kabupaten/kota, atau dinas urusan pangan setempat. Bisa juga langsung menghubungi dinas urusan pangan di daerah masing-masing,” ujar dia lagi.


Adapun pasar murah dilaksanakan di 333 titik lokasi, yang terdiri dari 37 provinsi dan 296 kabupaten/kota.  (alvi petra)

Share:
Komentar

Berita Terkini