PT ASDP Identifikasi Penyebab Tabrakan Dermaga di Pelabuhan Ternate

Share:

Kapal Feri KMP Mutiara Pertiwi I menabrak dermaga penyeberangan Bastiong Ternate.

satumalukuID - PT ASDP kantor pusat menurunkan tim untuk mengidentifikasi penyebab insiden kapal Ferry KMP City Line yang menabrak dermaga di Pelabuhan Ferry Cabang Ternate, Maluku Utara, yang mengakibatkan dermaga tersebut rusak parah.

"Pihaknya akan melakukan analisa mengenai kerusakan yang terjadi di pelabuhan itu, selanjutnya akan menyampaikan hasilnya ke pimpinan,"kata Manager Pemeliharaan Pelabuhan dan Fasilitas PT ASDP Kantor, Ni Komang Triana Dewi Wulandari di Ternate, Rabu (17/5/2023).

Hal itu untuk dapat mengungkapkan penyebab insiden terjadi pada Kamis (10/05), saat kapal Ferry KMP City Line saat sandar di dermaga satu untuk melakukan pemuatan penumpang dan barang saat melakukan pelayaran ke Sofifi. Namun kapal tersebut hilang kendali dan terbawa arus yang kuat, sehingga menabrak dermaga dan tidak ada korban jiwa dalam insiden itu.

Dia mengatakan, pihaknya membutuhkan waktu sekitar satu minggu untuk menyimpulkan hasil dalam identifikasi tabrakan dermaga itu kemudian akan melaporkan ke pimpinan atas.

"Kami sebanyak 10 orang tim dari PT ASDP Kantor Pusat yang diinstruksikan datang ke Kota Ternate, untuk melihat kondisi dermaga yang rusak, sekaligus melaporkan hasil identifikasi ke pimpinan,"ujarnya.

Menyinggung sejauh mana persoalan ini, kata dia, pihak PT ASDP Kantor Pusat sudah bertemu dengan pihak Mutiara Pertiwi yang merupakan perusahaan swasta yang mengelola kapal ferry KMP City Line untuk secepatnya menyelesaikan masalah ini.

"Kita berharap secepatnya dermaga satu di Pelabuhan Ferry Cabang Ternate ini diselesaikan, sehingga pelayanan terhadap rute pelayaran kapal antar pulau dapat berjalan maksimal,"kata Dewi Wulandari.

Sebelumnya, dalam insiden tabrakan ini, pihak Kepolisian dari Ditpolairud Polda Maluku Utara telah memeriksa sebanyak 10 saksi baik dari unsur ABK kapal maupun dari pihak PT ASDP untuk mendukung hasil penyelidikan, guna mengungkapkan insiden tersebut. (Abdul Fatah/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini