Lomba Perahu Layar Darwin-Ambon Dilaksanakan 7-12 Agustus 2023

Share:

Lomba perahu Layar Darwin Ambon Yacht Race atau Spice Island Darwin-Ambon Yacht Race (SIDAYR).

satumalukID - Lomba perahu layar Darwin Ambon Yacht Race atau Spice Island Darwin-Ambon Yacht Race (SIDAYR) akan digelar 7- 12 Agustus 2023.

"Sesuai kesepakatan bersama lomba perahu layar Darwin Ambon akan berlangsung selama lima hari terhitung tanggal 7 - 12 Agustus 2023 dengan sejumlah rangkaian kegiatan," Kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon, Rico Hayat, di Ambon, Jumat (19/5/2023).

Ia mengatakan, lomba SIDAYR terhenti karena kondisi pandemi COVID-19 sehingga akan dilanjutkan kembali pada tahun 2023.

"Kami telah menerima surat dari penyelenggara lomba DAYR di Darwin yang meminta agar lomba ini kembali dilaksanakan sebagai bagian hubungan kerja sama Ambon dan Darwin," katanya.

Sejumlah kegiatan katanya akan dilaksanakan diantaranya bakti sosial antara peserta dan Pemerintah Negeri Amahusu, kunjungan ke Negeri Rutong sebagai salah satu Desa Wisata di Indonesia, serta sejumlah kegiatan lainnya.

Pihaknya berharap kegiatan lomba dapat terlaksana dengan baik, karena tidak hanya kegiatan Ambon-Darwin atau SIDAYR, tetapi kegiatan Sail Indonesia.

"Bertepatan di Bulan Agustus 2023 dilaksanakan Sail Indonesia di Kota Ambon, dimana Negeri Amahusu menjadi tempat sandar kapal lomba layar Darwin Ambon dan Sail Indonesia, diharapkan seluruh kegiatan berjalan dengan lancar," ujarnya.

Lomba SIDAYR yang pertama kali digelar pada 1976, sempat terhenti karena konflik sosial pada 1999 dan kembali digelar sejak 2007, tetapi mengalami penurunan jumlah peserta.

Terakhir dilaksanakan pada 2019 dengan jumlah peserta 11 perahu, tetapi tidak menyurutkan semangat peserta maupun masyarakat dan pemerintah Kota Ambon untuk tetap melanjutkan ajang tahunan ini," ujarnya.

SIDAYR merupakan kegiatan kota kembar yang telah digelar sejak 1976 sebagai bentuk kebersamaan serta meningkatkan kualitas persaudaraan.

Penyelenggaraan SIDAYR juga didukung oleh Kementerian Pariwisata, Pemerintah Kota Ambon, dan Dinah Beach Cruising Yacht Association Incorporated.

DAYR juga diprakarsai sebuah klub yacht di Darwin yaitu Cruising Yacht Association of The Northern Territory Incorporated (CYANT) pada 1976. (Penina Fiolana Mayaut/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini