Gubernur Harap Hari Pattimura ke-206 Jadi Momen Bakti untuk Maluku

Share:

Upacara peringatan Hari Pattimura ke-206 di Kota Ambon, Provinsi Maluku, Senin (15/5/2023).

satumalukuID - Gubernur Provinsi Maluku Murad Ismail berharap peringatan Hari Pattimura ke-206 pada 2023 menjadi momen generasi muda untuk berbakti dan berkarya untuk kemajuan provinsi itu.

"Spirit perjuangan Pattimura, yang tidak tunduk dan menyerah kepada kolonialisme Belanda, walau tantangan datang silih berganti," katanya dalam sambutan yang dibacakan Pangdam XVI Pattimura Mayjend TNI Ruruh A Setyawibawa di Ambon, Senin (15/5/2023).

Pada upacara peringatan Hari Pattimura ke 206 di Ambon dengan tema "Teladani Pahlawanmu, Cintai Negerimu, uUtuk Indonesiaku", gubernur menyatakan lewat peringatan Hari Pattimura setiap 15 Mei, generasi muda Maluku saat ini harus menjadikan sosok Kapitan Pattimura sebagai teladan demi kemajuan Maluku.

"Didorong oleh semangat serta gelora perjuangan yang membara, Pattimura dan rekan-rekan seperjuangannya terus maju pantang mundur," katanya.

Ia menyatakan hal itu menunjukkan bahwa semangat juang dan patriotismne adalah kekuatan yang membawa kemenangan. Nilai-nilai perjuangan inilah yang patut terus dikobarkan dan digelorakan khususnya pada kaum muda sebagai generasi penerus bangsa.

"Pattimura-Pattimura muda harus bangkit dan terus berjuang untuk negeri Maluku tercinta dan untuk Indonesia Raya,” katanya menegaskan.

Ia menyampaikan tantangan dan ancaman yang dihadapi Pattimura-Pattimura masa kini adalah era revolusi industri 4.0, dengan persaingan di dunia yang semakin kompetitif diberbagai bidang. Perjuangan saat ini tidak lagi perjuangan fisik melainkan perjuangan yang mengandalkan otak dan karakter.

“Untuk itu kita perlu mempersiapkan diri dalam menghadapi berbagai tantangan dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dan penguasaan teknologi serta ilmu pengetahuan. Khusus kepada generasi muda saya harapkan untuk terus mengembangkan potensi diri dan hasilkan inovasi sesuai bidang dan talenta masing-masing,” katanya.

Bertindak selaku pemimpin upacara Pangdam XVI/Pattimura Mayjen. TNI Ruruh A. Setyawibawa, dan komandan upacara atau Kapitan Upacara Letkol (Inf) Rudolf G. Paulus.

Hadir sebagai peserta upacara Gubernur Maluku Irjen. Pol (Purn.) Drs. Murad Ismail, Forkopimda Provinsi Maluku, pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Maluku dan Kota Ambon, Sekretaris Daerah Maluku, Penjabat Walikota Ambon serta Forkopimda, pimpinan OPD lingkup pemerintah provinsi dan Kota Ambon, organisasi wanita, tokoh pemuda, tokoh agama, Latupati dan Raja-Raja se-Kota Ambon, beserta unsur lainnya. (Ode Dedy Lion Abdul Azis/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini