FPIK Unpatti Canangkan Dies Natalis ke-41 dengan Sejumlah Kegiatan

Share:


satumalukuID - Pencanganan Dies Natalis ke-41 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura dilakukan pada Jumat, 26 Mei 2023 dengan tema "Mewujudkan Tata Kelola Kelautan dan Perikanan Berbasis Blue Economy". 

Acara tersebut diawali dengan Jalan Pagi dan Senam Sehat yang diikuti oleh Sivitas Akademika, Tenaga Kependidikan dalam lingkup FPIK, dan Ketua Dharma Wanita Persatuan FPIK.

 

Ketua Panitia, Ir. Lilian M. Soukotta, M.P, dalam laporannya menyampaikan bahwa perayaan puncak acara Dies Natalis ke-41 FPIK akan berlangsung pada tanggal 7 September 2023.

 

Beberapa kegiatan telah ditetapkan dalam rangka Dies Natalis ini, termasuk Aksi Bersih Pantai (Rumah Tiga) dan Kampus, Lomba Essay, Video Kreatif, dan Fotografi untuk SMA sederajat, serta Seminar dan Lokakarya Nasional dengan tema "Blue Economy" dan Pengabdian kepada Masyarakat.

 

Selain itu, di bulan Agustus juga akan dilaksanakan Lomba Basket antar Fakultas, Lomba Penalty Kick, Lomba Menyanyi Tunggal dan Vocal Group, Lomba Debat Mahasiswa antar fakultas, dan Expo FPIK. Kemudian, pada bulan September, akan diadakan Temu Alumni FPIK dan perayaan puncak Dies Natalis ke-41 pada tanggal 7 September 2023.

 

Dalam sambutannya, Dekan FPIK, Dr. Y. Lopulalan, M.Si, menyatakan bahwa tema Dies Natalis kali ini sangat relevan. Blue Economy merupakan konsep yang bertujuan untuk pertumbuhan ekonomi melalui kegiatan inovatif dan kreatif yang berkelanjutan, sambil menjaga kelestarian lingkungan. Blue Economy saat ini menjadi ikon penting di bidang Kelautan dan Perikanan.

 

Dekan Lopulalan menekankan bahwa sebagai manusia yang menggantungkan diri pada sumber daya alam, kita memiliki tantangan dalam melahirkan inovasi dan kreativitas untuk mewujudkan Tata Kelola Kelautan dan Perikanan Berbasis Blue Economy. 

 

Segala kegiatan dalam pengolahan perikanan dan kelautan harus berorientasi pada kesejahteraan masyarakat, sehingga mereka dapat merasakan manfaat inovasi dan kreativitas yang dihasilkan.

 

Dekan berharap agar terjalin sinergi di antara seluruh elemen FPIK untuk merealisasikan Indikator Kinerja Utama yang mendukung pengembangan FPIK dan Universitas Pattimura.

 

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Jantje Tjiptabudy, SH., M.Hum, dalam sambutannya memberikan dorongan untuk pengembangan FPIK ke depan dengan terus menerapkan berbagai strategi agar FPIK menjadi unggul dalam setiap program studinya.

 

Melalui tema Dies Natalis ke-41 "Mewujudkan Tata Kelola Kelautan dan Perikanan Berbasis Blue Economy", FPIK diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengelolaan sumber daya laut. (aldi)

 

Share:
Komentar

Berita Terkini