Wali Kota Ternate Minta Baznas Perhatikan Penderita Kusta dan HIV

Share:

Wali Kota Tauhid Soleman menghadiri pelaksanaan layanan pembayaran zakat, infak, sedekah dan dana sosial keagamaan lainnya (DSKL) pimpinan daerah Kota Ternate pada Ramadan 1444 H, Kamis (6/4/2023).

satumalukuID - Wali Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) M Tauhid Soleman meminta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) daerah itu untuk terus menyalurkan bantuan sosial, terutama dalam memberi perhatian bagi para penyandang kusta dan penderita HIV/AIDS di daerah setempat.

"Keberadaan Baznas dengan tugas mengumpul dan mengelola zakat adalah salah satu yang terbaik yang ada di Indonesia Timur, sehingga saya harapkan  Baznas dapat mencurahkan perhatiannya bagi penderita kusta dan penderita HIV/AIDS di daerah ini," kata Wali Kota Tauhid Soleman usai menghadiri pelaksanaan layanan pembayaran zakat, infak, sedekah dan dana sosial keagamaan lainnya (DSKL) pimpinan daerah Kota Ternate pada Ramadan 1444 H di Ternate, Kamis.

Dia menyebut memang ada kategori dimaksud, apakah penderita kusta, kemudian mereka saat ini menderita HIV.

Oleh arena itu, wali kota minta Baznas Kota Ternate untuk memberikan perhatian kepada mereka melalui zakat, infak dan sedekah yang dikumpulkan masyarakat.

Dia berharap Baznas Kota Ternate dapat menampung saran dari Pemkot Ternate, kemudian dibahas dalam rapat pleno.

Oleh karena itu, ia mendorong kepada seluruh ASN, masyarakat, instansi vertikal dan seluruh lapisan masyarakat lainnya untuk mengeluarkan zakat, termasuk infak dan sedekah kepada lembaga resmi.

"Sebaiknya zakat yang dikumpulkan lewat Baznas dikelola dengan baik dan disalurkan kepada yang berhak," katanya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Ternate Marus Adam mengatakan bantuan yang disalurkan nanti berdasarkan rapat teknis, baru dan dilakukan pendataan.

Pihaknya telah memperoleh data di Ternate Selatan dan lain-lain, termasuk penyakit HIV mereka ini kategori fii sabilillah, mereka berjuang untuk hidup. Untuk penyaluran bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dalam bentuk obat dan penanganan lain.

Pemkot dan Baznas Ternate bersama sejumlah Unit Pengumpul Zakat (UPZ) mulai hari ini membuka penerimaan zakat fitrah. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini