Bulog Batasi Harga Penjualan Beras Medium Jaga Inflasi

Share:

Bulog Divre Maluku menjaga tingkat inflasi April 2023 tidak terlalu tinggi dengan mengatur harga penjualan beras medium lewat ratusan mitra mereka. (4/4/2023)

satumalukuID - Perum Bulog Divisi Regional Maluku membatasi harga penjualan beras medium dengan ratusan mitra mereka di level Rp10.000 per kilogram guna menjaga inflasi April 2023 jangan terlalu tinggi.

"Untuk menjaga inflasi jangan terlalu tinggi pada April 2023 maka tetap kami batasi dengan harga Rp10.000 per kg dan sudah dilakukan perjanjian dengan mitra Bulog," kata Kepala Perum Bulog Divre Maluku Saldi Adrin di Ambon, Selasa (4/4/2023).

Tercatat sekitar 500 pedagang pada 11 kabupaten kota di Maluku yang telah menjadi mitra Bulog dan mereka telah menandatangani perjanjian penjualan beras dengan harga Rp10.000.

Menurut dia, informasi harga beras medium yang dijual adalah Rp8.900 per kg dan HET maksimal saat ini masih Rp10.000 per kg, meski pun sudah ada pengumuman resmi dari Badan Pangan Nasional untuk HET sebesar Rp11.800 per kg.

Begitu juga dengan minyak goreng di tingkat pengguna atau konsumen akhir Rp14.000 per liter, namun mengenai harga di lapangan masih juga terdapat harga minyak goreng subsidi di atas Rp14.000/liter.

"Bulog bukan satu-satunya penyalur minyak goreng namun masih ada dua penyalur lainnya dari pihak swasta," ungkapnya.

Kalau untuk Bulog, semua mitra dibuat perjanjian penjualan minyak goreng maksimal sesuai HET dan ada pakta integritas untuk mereka melakukan penjualan sesuai yang ditentukan.

Kalau kedapatan ada yang menjual di atas HET langsung ditindak tegas maksimal diberhentikan statusnya sebagai penyalur dari Bulog, dan ada satu penyalur di Pulau Seram yang telah diberikan teguran tahap pertama.

Untuk gula pasir dari Bulog dijual seharga Rp13.800 per kemasan 1 Kg, sedangkan untuk kemasan 50 Kg seharga Rp675.000 per karung.

Tepung terigu hanya disediakan untuk persiapan bantuan pangan lainnya yang akan dibagikan melalui pemerintah provinsi yang membuat 12.000 paket gratis dibagikan ke masyarakat dan rencananya dalam pekan ini.

"Untuk 2.000 paket gratis di Masohi, Kabupaten Maluku Tengah sudah dibagikan dan sisa 10.000 paket di Pulau Ambon, dimana Bulog hanya diminta menyediakan pangan dan dibayarkan oleh pemerintah provinsi kemudian disalurkan kepada masyarakat," ucapnya.

Satu paket harganya Rp114.000 terdiri dari minyak goreng, terigu, beras, susu, gula pasir, dan teh celup, dan paket gratis ini juga merupakan sumbangan dari beberapa BUMN yang ada di Maluku dalam mewujudkan program CSR.

Kemudian untuk komersil maupun penyaluran lainnya, Bulog bekerja sama dengan Pemerintah Kota Ambon membuka pasar murah yang disubsidi oleh pemkot.

Pasar murah di lokasi Pasar Mardika dan Batumerah setiap Senin dan Selasa guna menjaga stabilitas harga dan pasokan serta daya beli masyarakat yang terjangkau.

Sementara Ketua Komisi II DPRD Maluku Johan Lewerissa mengatakan, untuk 12.000 paket sembako gratis yang dibagikan pemerintah provinsi sesuai skala prioritas di Pulau Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah.

"Bulog hanya menyediakan paketnya, tetapi penyaluran ke titik distribusi dilakukan pemprov dan Bulog sendiri tidak bisa mengontrol apakah tetap sasaran atau tidak," kata Johan. (Daniel Leonard/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini