Penyanyi Senior Ade Manuhutu Meninggal Dunia

Share:

Almarhum Ade Manuhutu

satumalukuID - Penyanyi senior era 70-an hingga 80-an, Ade Manuhutu dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit pada Minggu (14/1/2024) pukul 19.30 WIB.

Informasi yang diterima, jenasah artis penyanyi yang belakangan memilih menjadi pendeta ini disemayamkan di rumah duka RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Ade Manuhutu merupakan gembala senior Gereja Bethel Indonesia (GBI) Restoration Bandung.

Data di wikipedia menjelaskan Ade Manuhutu lahir di Ambon Maluku pada 10 Juli 1948 atau berusia 75 tahun, adalah bintang film dan penyanyi senior si pelantun lagu "Nona Anna" dan "Virgo" yang terkenal era tahun 70-an.

Dia seangkatan dengan para penyanyi terkemuka seperti Bob Tutupoly, Eddy Silitonga, dan Broery Pesolima atau Broery Marantika.

Nama baptis nya yakni Adrian Stefanus Louis Manuhutu namun lebih populer dengan Ade Manuhutu.

[cut]

Lagu pertamanya yang membuat namanya menjadi popular adalah lagu Nona Anna dan Virgo.

Awal tahun 80-an saat banyak lagu-lagu dengan tema lingkungan bermunculan, Ade ikut serta dalam Festival Lagu Asean.

Dalam ajang bertema Song of Kalpataru itu dia bersama Diana Nasution (ibu Ello Tahitoe) sukses membawakan lagu Balada Cendrawasih ciptaan Dharma Oratmangun.

Lagu ini juga sempat dirilis oleh Grace Simon dan lumayan sering dinyanyikan di TVRI pada masa itu.

Ade Manuhutu kemudian seperti "menghilang" di saat karier dan popularitasnya sedang menanjak.

Pasalnya, sejak tahun 1988, ia beralih menjadi pendeta dan bergabung dengan Gereja Bethel Indonesia (GBI).

[cut]

Beberapa lagu atau album nya yang terkenal diantaranya Balada Cendrawasih ciptaan Dharma Oratmangun, Nona Anna, Virgo, Surat Terakhir, Mari Bernyanyi ciptaan Is Hariyanto, Katakanlah - Nur'Afni Octavia duet Ade Manuhutu dari album Duet Special.

Juga Demam Regggae dari album Super Stars 1984 di produksi BASF serta Akhir Balada duet dengan Zwesti Wirabuana diciptakan oleh Ully Sigar.

Lagu ini mendapatkan nominasi di Festifal Popular Tingkat Nasional.

Selain lagu atau album pop Indonesia, almarhum juga menyanyi dan memiliki album rohani.

Diantaranya, Album Haleluyah tahun 1985, Ujilah Aku Tuhan, Jadikan Aku Rumah, Doamu, Sunggu Kubangga, Kubersyukur, Engkaulah Segalanya

Album Tiuplah Sangkakala di Sion 1994 (Live recording) Pdt. Ade Manuhutu, Album Nyanyian Kemenangan 1996 dan Nyanyian Pengharapan tahun 1998.

Sedangkan beberapa film yang dibintanginya yaitu Gadis Simpanan (1976), Cinta Bersemi (1977) dan Karena Penasaran (1977).

Selamat jalan sang legenda, Pdt Ade Manuhutu. Beristirahatlah dalam kedamaian abadi di sisi penciptamu. (novi pinontoan)

Share:
Komentar

Berita Terkini