Pemkot Ternate Siapkan Lima Truk untuk Penanganan Sampah saat Ramadhan

Share:

Sejumlah armada pengangkut sampah didistribusikan kepada tiga kecamatan di Kota Ternate, Maluku Utara, Jumat (17/2/2023).

satumalukuID - Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara menyiapkan lima truk untuk mengangkut sampah yang diprediksi mengalami peningkatan saat Ramadhan dibandingkan dengan hari biasa.

"Untuk bulan Ramadhan nanti, telah disiapkan lima truk disewa untuk mengantisipasi membludaknya sampah," kata Wali Kota Ternate Tauhid Soleman di Ternate, Jumat (17/2/2023).

Dia menyatakan pada hari normal, petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengangkut 70-80 ton sampah setiap hari.

Akan tetapi, katanya, saat Ramadhan sampah rumah tangga biasanya mengalami peningkatan hingga 100 ton per hari sehingga Pemkot Ternate telah menyiapkan skema menyewa lima truk baru untuk mengangkut sampah.

Saat ini, Pemkot Ternate mengoperasikan 50 armada pengangkut sampah menggunakan kendaraan roda tiga di tiga kecamatan di wilayah itu untuk mendukung Ternate sebagai kota bebas dari sampah.

Sebanyak 50 armada pengangkut sampah ini khusus mengangkut sampah di jalan yang berukuran kecil, sedangkan mobil pengangkut sampah yang saat ini beroperasi hanya melewati jalan-jalan protokol.

Dia menjelaskan dari 50 armada, 17 unit beroperasi di Ternate Utara, 16 unit di Ternate Tengah, dan 17 unit di Ternate Selatan. 

Pemkot Ternate menjamin biaya operasional petugas yang menjalankan tugas sebagai satgas pengangkutan sampah ini, sedangkan anggaran operasional tertampung dalam APBD 2023.

"Jadi biaya operasional aman untuk petugas, di mana setiap petugas diberi uang insentif setiap bulan sebesar Rp1,5 juta," katanya.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Ternate juga menyediakan BBM untuk operasional pengangkutan sampai di daerah setempat saat ini. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini