Pemkot Ambon Siapkan 200 Anakan Pohon Sukun Dukung Gerakan Menanam

Share:


satumalukuID - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menyiapkan sebanyak 200 anakan pohon sukun yang akan ditanam di sejumlah titik guna mendukung gerakan tanam sukun yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku.

Penanaman pohon sukun dilakukan Penjabat Wali Kota Kota Ambon Bodewin Wattimena bersama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Ambon, mendukung pencanangan penanaman pohon sukun serentak di 11 kabupaten kota di Maluku, Selasa (14/2/2023).

Penjabat Wali Kota menyatakan di Kota Ambon penanaman Sukun dilakukan di Kebun jemaat GPM Lateri, karena jemaat dalam lingkup GPM selama ini telah menjadi mitra pemerintah dalam peningkatan ketahanan pangan lokal.

Kota Ambon sendiri, kata dia, mempunyai varietas sukun unggulan yakni Sukun Latuhalat, yang ingin dikembangkan di seluruh wilayah kota Ambon, dengan dilakukan pembibitan di setiap waktu.

"Hampir seluruh negeri atau desa ada sukun, tetapi itu semua belum dilakukan penanaman secara baik dengan pendampingan dari dinas pertanian," katanya.

Pihaknya berharap pencanangan hari ini bukan saja untuk terus meningkatkan produksi sukun di kota Ambon, tetapi para petani dapat memilih sukun dan menjadikan sukun sebagai primadona dalam meningkatkan perekonomian serta membuat kota ini terkenal dengan tanaman sukun.

Menurutnya, secara berkala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Ambon akan mendampingi pasca-panen.

"Kita punya rumah kemasan, dimana semua UMKM yang mengelola produk sukun akan difasilitasi produksi hingga pengemasannya," kata Bodewin Wattimena. (Penina Fiolana Mayaut/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini