Lomba Layar Darwin-Ambon Kembali Digelar pada Agustus 2023

Share:

Peserta lomba perahu layar Darwin Ambon atau Spice Island Darwin Ambon Yacht Race (SIDAYR) pada 2019.
Photo: HO-Dokumentasi/ant

satumalukuID - Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena menyatakan, lomba perahu layar Darwin-Ambon atau Spice Island Darwin-Ambon Yacht Race (SIDAYR) kembali digelar pada Agustus 2023.

"Kami telah menerima surat dari penyelenggara lomba DAYR di Darwin yang meminta untuk lomba ini kembali dilaksanakan sebagai bagian hubungan kerja sama sister city Ambon dan Darwin," katanya di Ambon, Selasa (28/2/2023).

Ia menyatakan, lomba SIDAYR terhenti karena kondisi pandemi COVID-19 sehingga akan dilanjutkan kembali pada tahun ini.

Lomba SIDAYR yang pertama kali digelar pada 1976, sempat terhenti karena konflik sosial pada 1999 dan kembali digelar sejak 2007, tetapi mengalami penurunan jumlah peserta.

Penurunan peserta dikarenakan beberapa faktor yakni lesunya perekonomian global dan maraknya kegiatan lomba perahu layar yang digelar provinsi dan kabupaten kota lainnya, sehingga banyak yang mengikuti di daerah lain.

"Terakhir dilaksanakan pada 2019 dengan jumlah peserta 11 perahu, tetapi tidak menyurutkan semangat peserta maupun masyarakat dan pemerintah Kota Ambon untuk tetap melanjutkan event tahunan ini," ujarnya.

SIDAYR merupakan kegiatan kota kembar yang telah digelar sejak 1976 sebagai bentuk kebersamaan serta meningkatkan kualitas persaudaraan.

Penyelenggaraan SIDAYR juga didukung oleh Kementerian Pariwisata, Pemerintah Kota Ambon, dan Dinah Beach Cruising Yacht Association Incorporated.

DAYR juga diprakarsai sebuah klub yacht di Darwin yaitu Cruising Yacht Association of The Northern Territory Incorporated (CYANT) pada 1976. (Penina Fiolana Mayaut/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini