Pemerintah Kota Ternate Revitalisasi Infrastruktur Kawasan Wisata

Share:

Pemkot Ternate membangun kawasan ekonomi baru di kawasan Dufa-Dufa Ternate, melalui revitalisasi berbagai infrastruktur wisata guna meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

satumalukuID - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) berjanji akan membangun kawasan ekonomi baru melalui revitalisasi berbagai infrastruktur wisata guna meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

"Sejumlah kawasan wisata Ternate Utara akan ditata, terutama kawasan Tulang Ikan Dufa-Dufa dan Pelabuhan Mudaffar Sjah, karena memiliki potensi wisata dan daya tarik tersendiri," kata Wali Kota Ternate, Tauhid Soleman di Ternate, Sabtu (7/1/2023).

Wali Kota menyatakan, Pemkot Ternate pada tahun 2023 ini akan fokus membangun infrastruktur wisata, sehingga mendukung ekonomi masyarakat sekitar.

Untuk kawasan wisata tulang ikan, Pemkot Ternate akan merevitalisasi infrastruktur areal itu agar para UMKM bisa memanfaatkan dengan menjajakan berbagai usaha kuliner.

Oleh karena itu, Pemkot Ternate saat ini akan berupaya mengusulkan ke Kementerian Koperasi dan UMKM agar dapat mendukung pembangunan infrastruktur, baik itu kawasan tulang ikan maupun pusat kuliner belakang Jatiland Mall Kota Ternate.

Sementara itu, Pemkot Ternate sebelumnya telah menyiapkan berbagai lokasi destinasi wisata baru di Pulau Ternate maupun Hiri, untuk mendukung pengembangan pariwisata di daerah tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate, Rizal Marsaoly dihubungi sebelumnya menyatakan, pada tahun 2022, Pemkot Ternate mendapatkan kucuran dana sebesar Rp3,2 miliar melalui DAK yang akan digunakan untuk pembenahan berbagai fasilitas dan infrastruktur wisata andalan di Kota Ternate seperti Pantai Sulamadaha, kawasan Tolire dan berbagai objek wisata lainnya.

Sedangkan, untuk pengembangan potensi wisata Pulau Hiri, Pemkot Ternate akan berupaya membenahi taman bawah laut dan lokasi wisata andalan di Pulau Hiri, sehingga bisa menarik pengunjung wisata bisa ke pulau itu.

Sebelumnya, Pemkot Ternate juga akan membangun panggung kesenian di Pulau Hiri dalam upaya mengembangkan destinasi wisata daerah guna menarik kunjungan wisatawan.

Dia menyatakan, pengerjaan pembangunan panggung kesenian yang ada di Pulau Hiri ini telah dikerjakan guna meningkatkan sektor pariwisata. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini