Disperindag Maluku Siapkan 3.500 Paket Guna Gelar Pasar Murah

Share:

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku Yahya.
Photo: John Soplanit/ant

 - Pemerintah Provinsi Maluku menyiapkan 3.500 paket sembako untuk menggelar pasar murah di 27 titik pada tingkat desa di Pulau Ambon jelang perayaan Natal tahun ini.

"Jadi kami akan turun ke desa-desa di Pulau Ambon mayoritas penduduknya beragama Kristen guna menggelar pasar murah tersebut yang rencananya mulai dari tanggal 12-14 Desember 2022," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku Yahya Kota di Ambon, Rabu (7/12/2022).

Yahya menjelaskan paket sembako murah yang disediakan akan dijual dengan harga Rp50 ribu/paket. Isinya terdiri dari telur satu rak (30 butir), gula pasir dua kilogram (Kg), terigu dua Kg, dan minyak goreng satu Kg.

Menurut dia, dalam penyaluran paket sembako Disperindag Maluku bekerja sama dengan pemerintah desa terutama dalam penggunaan data masyarakat yang sesuai dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Dinas Sosial Provinsi Maluku.

"Jadi yang menjadi prioritas untuk membeli sembako murah ini adalah masyarakat penerima program keluarga harapan atau PKH, karena memang pihak desa yang lebih mengetahui hal itu, sebab kita tetap pastikan agar sembako murah ini tersalur tepat sasaran," katanya.

Menurut Yahya, selain melaksanakan pasar murah yang setiap tahun dilaksanakan menjelang hari-hari besar keagamaan, Disperindag Maluku tetap laksanakan operasi pasar murah yang berlangsung pada dua titik yakni di Pasar Mardika dan Pasar Batu Merah yang digelar secara bergantian dengan Pemerintah Kota Ambon.

"Kegiatan operasi pasar murah ini sudah berlangsung sejak bulan Oktober 2022 yang dilaksanakan secara bergantian, dimana kalau minggu berjalan ini pihak Pemerintah Provinsi melaksanakan maka minggu dengan Pemerintah Kota yang melaksanakannya terhitung sejak hari Senin-Kamis," ujarnya.

Sedangkan barang kebutuhan pokok yang dijual pada operasi pasar murah diantaranya beras premium Rp55.000 per lima Kg, minyak goreng merek kita Rp13.000/liter, gula pasir Rp13.500 per Kg, telur ayam ras Rp50.000/rak (30 butir), dan bawang merah Rp25.000/Kg. (Jimmy Ayal/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini