Pengusaha Hotel Siapkan Fasilitas Pastikan Pelayanan untuk Tamu-Tamu Sail Tidore

Share:

Pemkot Ternate siapkan fasilitas dukung iven Sail Tidore dengan membenahi berbagai ruang publik seperti Landmark, Taman Nukila, Taman Falajawa dan fasilitas berupa perhotelan, karena Ternate akan menjadi pintu masuk bagi tamu yang akan ke Kota Tidore Kepulauan.

satumalukuID - Pemerintah Kota Ternate meminta pelaku usaha perhotelan untuk memastikan kebersihan fasilitas dan pelayanan untuk melayani tamu-tamu yang akan menghadiri Sail Tidore 2022 di Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara, pada akhir November 2022. 

"Ternate jadi pintu masuk bagi ribuan wisatawan domestik maupun mancanegara yang akan hadiri Sail Tidore sehingga perhotelan dan penginapan harus disiapkan, terutama untuk fasilitas yang memadai," kata Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman di Ternate, Rabu (9/11/2022).

Sail Tidore akan digelar pada 24-29 November 2022 bertemakan "Tidore Kota Warisan Dunia, Perekat Bangsa-bangsa". Tauhid Soleman mengatakan momen itu akan dimanfaatkan Kota Ternate sebagai kota transit untuk menyambut tamu-tamu dari berbagai daerah.

Oleh karena itu, dirinya berharap agar para pelaku usaha dan UMKM yang akan terlibat pada Sail Tidore 2022 di Kota Tikep harus memastikan kesiapan hotel-hotel di Kota Ternate maupun berbagai oleh-oleh dan jajanan bagi wisatawan yang akan datang ke Ternate.

Ia menginstruksikan pemilik-pemilik hotel agar menyiapkan kamar dan fasilitas lainnya terutama dari segi kebersihan karena Sail Tidore akan dihadiri ribuan orang tamu VVIP dan VIP. Acara tersebut juga dijadwalkan untuk dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo dan dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Wali Kota Ternate mengakui Sail Tidore 2022 dari sisi ekonomi maupun seni budaya akan berdampak untuk pengembangan roda ekonomi Ternate. Selain itu, momen Sail Tidore juga akan dimanfaatkan Pemkot Ternate dalam mempromosikan berbagai destinasi wisata, kearifan lokal, dan berbagai peragaan budaya yang dimiliki daerah itu.

Sementara itu, Panitia Daerah Provinsi Malut melalui Bidang Pameran Sail Tidore \membuka pendaftaran untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk berpartisipasi meriahkan Sail Tidore yang dimulai dari 27 Oktober–17 November 2022.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Maluku Utara Wa Zaharia menyatakan, setelah panitia Sail Tidore bidang pameran melakukan rapat koordinasi bersama pemerintah Kota Tidore Kepulauan dan Pemprov Malut, kedua pihak telah berkomitmen memeriahkan Sail Tidore dengan menggandeng UMKM untuk berpartisipasi.

Dia menyebut, panitia kemudian menyepakati bahwa link pendaftaran harus disebar sejak Kamis (27/10) lalu, tetapi terlebih dahulu untuk wilayah Kota Tidore Kepulauan sampai dengan tanggal 3 November.

Bahkan, saat ini, ada sembilan kabupaten/kota di Malut link pendaftaran akan mulai disebarkan melalui media  maupun grup WhatsApp SKPD dan grup pelaku UMKM yang ada di kabupaten kota untuk mulai mendaftar pada tanggal 4-17 November mendatang. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini