Pemkot Ternate Promosikan Produk UKM Unggulan di Sail Tidore

Share:

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Ternate, Hadi Hairudin.

satumalukuID - Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) akan mempromosikan berbagai produk UMKM unggulan dalam kegiatan Sail Tidore yang berlangsung di Kota Tidore Kepulauan, 24 – 29 November 2022.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Ternate, Hadi Hairudin di Ternate, Senin (21/11/2022), mengakui, ajang nasional Sail Tidore dijadikan sebagai ajang bagi pelaku UMKM untuk bisa ikut serta dalam perhelatan tersebut dan mempromosikan berbagai produk unggulan kepada tamu yang datang ke Malut.

"Selain itu, hal ini merupakan sebuah peluang untuk promosikan produk UMKM mereka dengan mendaftarkan usahanya melalui online dan sekarang lagi menunggu informasi dari panitia Sail Tidore," kata Hadi Hairudin.

Dia menyebut, bagi pelaku UKM sudah mendaftarkan diri dan memenuhi syarat agar segera mempersiapkan segalanya untuk ikut dalam kegiatan di Tidore, karena panitia Sail Tidore sudah menyiapkan stan tenda untuk lapak pameran bagi masing-masing kabupaten/kota.

Untuk itu, pihaknya telah menyediakan stan yang digunakan oleh pelaku-pelaku UMKM dan walaupun tidak semua produk sempat dipromosikan seperti minuman sari pala, sambal ikan roa dan kerajinan tangan lainnya menjadi ciri khas Ternate.

Sementara itu, Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman menyatakan, pihaknya akan menyiapkan berbagai fasilitas dan infrastruktur dalam upaya mendukung ajang Sail Tidore di Kota Tikep, terutama dalam memberikan pelayanan kepada tamu pemerintah pusat dan mancanegara.

"Ternate jadi pintu masuk bagi ribuan wisatawan domestik maupun mancanegara, akan hadiri Sail Tidore, sehingga perhotelan dan penginapan harus disiapkan, terutama untuk fasilitas yang memadai," kata Wali Kota.

Dia menyatakan, Sail Tidore Acara digelar pada 24 sampai 29 November 2022 bertemakan Tidore Kota Warisan Dunia, Perekat Bangsa-bangsa akan dimanfaatkan Kota Ternate sebagai kota transit tentunya siap menyambut tamu-tamu dari pusat.

Oleh karena itu, dirinya berharap agar para pelaku usaha dan UMKM yang akan terlibat pada Sail Tidore 2022 di Kota Tikep harus memastikan kesiapan hotel-hotel di Kota Ternate maupun berbagai oleh-oleh dan jajanan bagi wisatawan yang akan datang ke Ternate.

Wali Kota mengakui, ajang Sail Tidore dari sisi ekonomi maupun seni budaya akan berdampak untuk pengembangan ekonomi Ternate, karena sebagai kota transit, Ternate harus menyiapkan sejumlah fasilitas bagi pengunjung Sail Tidore yang datang ke Malut. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini