Basarnas Siagakan SAR Khusus di Sail Tidore

Share:

Basarnas siapkan SAR Khusus dengan mengerahkan 95 personel, satu unit helikopter dhaupin AS-365 N3+ HR-3606.

satumalukuID - Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) menggelar Siaga SAR Khusus dengan mengerahkan 95 personel, satu unit helikopter.

"Selain itu, ada dua unit kapal, KN SAR Wisnu dan KN SAR Pandudewanata, kapal cepat dan alat pendukung lainnya dalam rangka mendukung penyelenggaraan Sail Tidore 2022 yang akan dilaksanakan pada 24 hingga 29 Nov 2002 di perairan Pantai Tugulufa, Tidore," kata Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman di Ternate, Rabu (23/11/2022).

Dia mengatakan Sail Tidore 2022 direncanakan akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, maka tugas Basarnas adalah mendukung pengamanan SAR terhadap tamu undangan, peserta, maupun masyarakat yang menyaksikan kegiatan tersebut bersinergi dengan TNI, Polri, Pemda.

Di samping itu, pada puncak acara hari Sabtu, 26 November 2022 akan dilaksanakan berbagai atraksi atau pertunjukan dalam rangkaian sailing pass di depan podium tamu undangan.

Atraksi tersebut antara lain defile kapal dan perahu yang terdiri dari kapal Kesultanan, kapal nelayan, KRI, Kapal Basarnas dan Kapal Bakamla.

Basarnas juga akan menyajikan demo terjun payung free fall, paramotor dan fly pass dari TNI dan gladi kotor Sailing Pas dilaksanakan hari ini, Rabu (23/11) dan dilaksanakan di Pantai Tugulufa.

Ia menambahkan, meskipun Tim Basarnas sedang melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan korban gempa Cianjur namun terdapat sisi lain dari Tim Basarnas yang sedang bersiap untuk mengikuti Sail Tidore.

Sail Tidore yang dihadiri oleh 350 undangan baik dari dalam dan luar negeri yaitu Sail Tidore 2022. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini