Sebanyak 23.447 Penumpang Arus Balik Gunakan Angkutan Laut di Maluku Utara

Share:

satumalukuID – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ternate mencatat jumlah pengguna transportasi laut pada H+3 Lebaran dari Pelabuhan Ternate ke berbagai daerah antar-pulau maupun ke luar Maluku Utara mencapai 23.447 orang.

“Sedangkan, untuk penumpang arus balik tiba di Ternate alami peningkatan yakni mencapai 21.217 orang,” kata Kepala Seksi Lalulintas angkutan laut KSOP Kelas II Ternate, Djunaidi di Ternate, Jumat (6/5/2022).

Ia mengatakan kondisi arus balik penumpang dari dan ke Pelabuhan Ternate sempat terjadi kepadatan untuk rute antar-pulau Ternate-Sanana-Pulau Taliabu dan Ternate-Labuha, Halmahera Selatan.

Selain itu, angkutan speedboat untuk tujuan berbagai kabupaten di Pulau Halmahera juga alami peningkatan.

Untuk itu, Junaidi mengimbau kepada warga khususnya ke Sanana Kabupaten Kepulauan Sula dan Kabupaten Pulau Taliabu, agar membeli tiket kapal lebih awal dan sebaiknya barang bawaan dibatasi, karena membludaknya arus balik ke daerah masing-masing.

Khusus aktivitas Pelabuhan Semut Mangga Dua Kota Ternate, Maluku Utara, pada arus balik H+3 Lebaran Idul Fitri, ia memastikan terjadi peningkatan jika dibandingkan pada H+2.

Menurut Djunaidi, penumpang pada H+3 tercatat mencapai 1.280 orang, sedangkan pada H+2 sebanyak 1.120 orang dengan speedboat sebanyak 70 kali perjalanan dari pagi hingga sore pukul 16.00 WIT.

Sebelumnya, KSOP Ternate, mencatat arus mudik pengguna transportasi laut pada H-1 dari Pelabuhan Ternate ke berbagai daerah antar-pulau maupun ke luar Maluku Utara mencapai 18.365 orang.

Sementara itu, penumpang arus mudik dari luar wilayah Maluku Utara yang datang ke Kota Ternate mencapai 15.592 orang dengan menggunakan transportasi laut kapal Pelni maupun kapal antar-pulau rute Manado-Ternate.

Share:
Komentar

Berita Terkini