Beri Warga Rasa Aman Nikmati Libur Lebaran, Basarnas Siagakan Personel di Seluruh Objek Wisata Ternate

Share:

satumalukuID – Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate, Maluku Utara (Malut) menyiagakan personel dan kendaraan patroli di seluruh objek wisata guna memberikan kenyamanan dan keamanan bagi warga yang sedang menikmati hari libur Lebaran 1443 Hijriah.

“Untuk personel di objek wisata telah diterjunkan sebanyak 10 orang setiap hari selama siaga khusus Lebaran, terutama di tempat wisata yang akan dikunjungi warga saat libur Hari Raya Idul Fitri,” kata Kepala Basarnas Ternate Muhammad Arafah di Ternate, Selasa (3/5/2022).

Selain itu, personel lainnya disiagakan untuk melakukan patroli di pelabuhan dan bandara serta objek wisata yang ramai dikunjungi warga. Sedangkan untuk peralatan SAR darat ada kendaraan dimex, motor trail dengan peralatan evakuasi serta peralatan SAR laut, ada perahu karet dengan menggunakan mesin gantung, peralatan selam, pelampung keselamatan dengan peralatan medis.

Kendati demikian, secara keseluruhan Basarnas Ternate menyiagakan 75 personel untuk memberikan pelayanan selama arus mudik dan balik yang berada Pos SAR Tobelo, Unit Siaga SAR Bacan, Unit Siaga SAR Morotai dan Unit Siaga SAR Sanana.

Dia menyatakan pelaksanaan siaga SAR khusus Lebaran 1443 Hijriah kali ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana pemerintah telah memperbolehkan kembali mudik Lebaran tahun 2022 dengan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di Pantai Jikomalamo Ternate, nampak ratusan warga daerah itu dan sekitarnya mendatangi objek wisata Pantai Tanjung Jikomalamo dan Sulamadaha Ternate selama Idul Fitri 1443 Hijriah.

Salah seorang pengunjung Pantai Jikomalamo, Asril Mustafa mengaku dirinya bersama keluarga sejak pagi telah menempati berbagai area wisata dan villa yang disediakan pengelola di pantai Tanjung Jikomalamo.

“Kami datang lebih awal ke objek wisata pantai pada H+1 Idul Fitri, karena diprediksi pada hari terakhir cuti Lebaran para pengunjung akan membeludak di objek wisata, terutama Pantai Jikolamao maupun Pantai Sulamadaha,” kata Asril.

Share:
Komentar

Berita Terkini