Armada KSOP Ternate Mulai Angkut Penumpang Arus Balik ke Pulau Moti

Share:

satumalukuID – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ternate, Maluku Utara (Malut) mulai mengangkut puluhan penumpang arus balik dari Ternate tujuan Pulau Moti, menyusul membludaknya penumpang ke pulau itu meski cuti bersama Lebaran 2022 belum usai.

“Kami siapkan armada KPLP MV Indo Master III dengan kapasitas 120 penumpang untuk mengangkut penumpang arus balik dari Ternate ke Pulau Moti dan tercatat sebanyak 75 penumpang,” kata Kepala Seksi Lalulintas Angkutan Laut, KSOP Kelas II Kota Ternate, Djunaidi, di Ternate, Rabu (4/5/2022).

Kapal KPLP MV Indo Master II bertolak dari Pelabuhan Ahmad Yani Ternate menuju Pulau Moti, Ternate Pulau, pukul 11.10 WIT.

Menurut dia, KSOP berinisiatif mengangkut penumpang arus mudik dengan armada itu, karena
berdasarkan laporan terjadi lonjakan arus mudik ke Pulau Moti, sedangkan speedboat penumpang ke pulau itu sangat terbatas.

Dirinya mengakui, dalam suasana arus mudik lebaran Idul Fitri ini, diprediksi akan terjadi lonjakan arus balik juga terjadi untuk pulau-pulau sekitar, seperti di Pulau Makian di Halmahera Selatan, menyusul tingginya penumpang arus mudik dan arus balik dari dan ke Kota Ternate.

Olehnya itu, kata Djunaidi, untuk antisipasi peningkatan arus mudik, KSOP Ternate akan siaga di semua pelabuhan, guna memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada penumpang arus balik kembali ke daerah tujuan.

Djunaidi menambahkan, sebelumnya, pada arus mudik pengguna transportasi laut lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah dari Pelabuhan Ternate ke berbagai daerah antar-pulau maupun ke luar Malut mencapai 18.365 orang, sedangkan penumpang arus mudik dari luar wilayah Malut yang datang ke Kota Ternate mencapai 15.592 orang yang menggunakan transportasi laut kapal Pelni maupun kapal antar-pulau rute Manado-Ternate.

Share:
Komentar

Berita Terkini