Mahasiswa Unpatti Ambon Diajari Pengolahan Serai Merah Jadi Minyak Atsiri di Pulau Seram

Share:

satumalukuID – Kodam XVI/Pattimura berkolaborasi dengan berbagai pihak melatih puluhan mahasiswa Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon tentang teknik budidaya serai merah (Cymbopogon nardus L) serta mengolahnya menjadi minyak atsiri di Pulau Seram.

“Pelatihan ini merupakan bagian dari kerja sama bidang pertanian antara Kodam XVI/Pattimura dan Unpatti Ambon, sekaligus mengimplementasikan program Mutiara Pattimura, terutama mewujudkan ketahanan pangan,” kata Koordinator Program Mutiara Pattimura Kolonel Arh Hasto Respatyo di Ambon, Kamis (21/4/2022).

Dia mengatakan puluhan mahasiswa Fakultas Pertanian Unpatti mengikuti pelatihan pengolahan serai merah menjadi minyak atsiri di lokasi perusahaan PT Seram Atsiri Permai (SAP) di Desa Siatele, Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah.

Kodam Pattimura telah bekerja sama dengan perusahaan tersebut, sehingga para mahasiswa dapat diajak belajar seputar cara budi daya hingga pengolahannya menjadi minyak esensial yang berkhasiat sebagai antibakteri, antijamur, mencegah peradangan, meredakan sakit perut dan mual hingga menurunkan kolesterol.

“Para mahasiswa diajari tentang cara budi daya, mulai dari pengolahan tanah, pembibitan, penanaman, perawatan dan panen hingga pengolahan serai merah menjadi minyak atsiri,” katanya.
“Tanaman serai merah, saat ini menjadi salah satu tanaman unggulan yang dibudidayakan di berbagai tempat demi peningkatan ekonomi masyarakat dan lapangan pekerjaan, khususnya dalam budi daya dan pengelolaan serai merah,” katanya.

Sebelumnya, pihaknya bersama mahasiswa Fakultas Pertanian Unpatti telah mengubah lahan tidur seluas dua hektare di Desa Rumah Tiga, Kota Ambon, menjadi area pengembangan berbagai sayuran dan buah-buahan.

Manager PT SAP Reymond menyambut gembira kerja sama dengan Kodam XVI/Pattimura terutama untuk program Mutiara Pattimura karena dapat meningkatkan berbagai jenis usaha di bidang pertanian, sekaligus menjadikan lokasi perusahaan itu sebagai lokasi praktik para mahasiswa Unpatti Ambon.

“Program Mutiara Pattimura yang digagas Kodam Pattimura berdampak besar untuk pengembangan komoditas pertanian unggulan, sekaligus mewujudkan kemandirian di sektor pertanian,” katanya.

Dosen Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Unpatti Max Luhukay berharap puluhan mahasiswa yang magang di perusahaan tersebut dapat serius menimba ilmu dan pengalaman, sehingga mampu menjadi tenaga penggerak di tengah-tengah masyarakat.

Share:
Komentar

Berita Terkini