BPBD Kota Ambon Raih Penghargaan Tangguh Bencana

Share:

satumalukuID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Maluku menerima penghargaan atas peran aktif dalam mewujudkan ketangguhan bangsa menghadapi bencana.

Penghargaan ini diterima Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy saat Penutupan Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana 2022 di Tangerang, Provinsi Banten, Kamis (24/2/2022).

Kepala BPBD Kota Ambon, Demy Paays, menyatakan, wilayahnya merupakan kota yang rawan terhadap bencana Alam, karena berada pada jalur daerah cincin api yg dampaknya sering terjadi gempa bumi yang bisa mengakibatkan tsunami.

“Kota Ambon juga menghadapi bencana hidrometeorologi seperti perubahan iklim hujan lebat banjir, longsor, kekeringan kebakaran hutan, angin kencang mengakibatkan gelombang tinggi,” ujarnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui BPBD, selalu berperan aktif dan tanggap ketika menghadapi bencana seperti itu, dengan memberikan bantuan tanggap darurat kepada korban bencana.

“Hal ini tidak lain atas komitmen dari Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang sangat tinggi untuk mendukung dan memberikan perhatian penuh dalam rangka menangani dan menyelesaikan kebencanaan yang dihadapi di daerah,” katanya.

Ia menjelaskan, ketika menghadapi bencana pihaknya tidak bekerja sendiri tetapi selalu berkoordinasi dengan stakeholder, baik secara internal dengan OPD terkait yakni Satpol PP, Pemadam Kebakaran, Dinas PUPR, DLHP, serta Dinas Sosial, maupun pihak eksternal, yakni TNI/Polri, Basarnas, PMI dan Tagana.

Ketika bencana terjadi, BPBD koordinasikan dan melaporkan setiap kejadian kepada BNPB untuk penanganan sesuai dengan kewenangan masing – masing.

“Hal ini merupakan salah satu faktor BPBD Kota Ambon dinilai layak untuk menerima penghargaan bersama lima BPBD lainnya baik tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota,” ujarnya.

Pihaknya menambahkan, semua yang dilakukan bukan untuk mengejar penghargaan, tetapi merupakan langkah untuk menjamin keselamatan masyarakat juga untuk menciptakan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana.

“Penghargaan ini tentunya akan menjadi motivasi bagi BPBD Kota Ambon serta seluruh jajaran Pemkot Ambon bersama stakeholder lainnya untuk menjadikan masyarakat Ambon sebagai masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana,” tandasnya.

Selain BPBD Kota Ambon, penerima penghargaan lainnya yakni, BPBD Provinsi DKI Jakarta, BPBD Provinsi Bali, BPBD Provinsi Jawa Timur, BPBD Kabupaten Kulon Progo, dan BPBD Kabupaten Sigi.

Share:
Komentar

Berita Terkini