Beri Hormat ke Nono Sampono, Jeffry Rahawarin: Bakudapa Senior dan Junior Orang Maluku

Share:

satumalukuID – Dua jenderal bintang tiga atau Letnan Jenderal (Letjen) TNI asal Maluku “bakudapa”. Yang satu senior, satunya junior. Satunya purnawirawan TNI AL, lainnya masih aktif di TNI AD.

Mereka adalah Letjen TNI Mar (Purn) Nono Sampono dan Letjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin. Sampono alumni AKABRI Laut kini Akademi Angkatan Laut 1976. Sedangkan Jeffry Rahawarin alumni Akademi Militer 1988.

“Iya. Saya silaturahmi ke kantor beliau di DPD RI. Yah sesama putra Maluku juga beliau senior saya. Kita jalin kebersamaan dan bercerita tentang tugas dan tanggungjawab masing-masing untuk bangsa dan negara, termasuk buat Maluku tercinta,” ungkap Rahawarin, yang dihubungi media ini Senin (17/1/2021).

Sebagaimana diketahui, Nono Sampono kini menjabat Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari daerah pemilihan (dapil) Maluku.

Sedangkan Jeffry Rahawarin menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III yang meliputi wilayah Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Menurut Rahawarin, pertemuan itu hanya “bakudapa” antara senior dan junior serta berkisah tentang pengalaman tugas dan karier masing-masing di militer.

“Tidak ada agenda lain. Hanya silaturahmi biasa. Bakudapa sesama orang Maluku lah. Saya kan junior nya pak Nono. Kita jalin keakraban begitu. Saling mendukung dan mendoakan kesehatan,” jelas mantan Pangdam XVI Pattimura ini.

Pertemuan dua perwira tinggi asal Maluku itu, juga diposting beberapa akun di media sosial masing-masing maupun grup.

Nono Sampono selama di Ambon, tinggal dan besar di kawasan Tanah Tinggi. Sedangkan Jeffry Rahawarin di kawasan Gudang Arang Benteng.

Data yang tercatat media ini, awal perjalanan karier militer Nono Sampono dan Jeffry Rahawarin hampir sama. Karena keduanya setelah lulus SMA tidak langsung tes taruna militer.

Ternyata, Nono Sampono setelah lulus dari SMA Xaverius Ambon sempat kuliah di Fakultas Teknik Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon. Barulah kemudian ia tes taruna AAL tahun 1972 dan lulus 1976.

Hal yang sama juga dialami Jeffry Rahawarin. Beliau setelah lulus SMA Negeri 1 Ambon tahun 1984, sempat kuliah di Jurusan Matematika FKIP Unpatti Ambon. Ia seangkatan Prof Dr Thomas Pentury dan Prof Dr Gerson Ratumanan. Lulus Akmil tahun 1988.

Selama karier militer. Baik Nono Sampono dan Jeffry Rahawarin sudah memegang beberapa jabatan penting dan strategis.

Nono pernah jadi Ajudan Panglima ABRI Jenderal TNI LB Moerdani. Kemudian jabat Komandan Denjaka (1988–1993), Komandan Yonif 4/Marinir (1993-1995), Wakil Danpaspampres (2000–2001).

Komandan Paspampres (2001–2003)[4], Gubernur Akademi Angkatan Laut (2003–2006), Inspektur Jenderal Mabes TNI AL (2006), Komandan Korps Marinir (2006–2007), Danjen Akademi TNI (2007–2011) dan Kabasarnas (2011).

Letjen TNI Mar (Purn) Nono Sampono (kiri) dan Letjen TNI Jeffry Rahawarin (kanan).

Rahawarin menambahkan, ada dua jabatan strategis yang pernah dijabat oleh Nono Sampono dan dirinya yang turut menentukan jalan hidup dan karier mereka.

“Pak Nono pernah jadi ajudan Panglima ABRI waktu itu Jenderal L.B. Moerdani. Sedangkan saya dua kali jadi Koorspi (Koordinator Staf Pribadi) dua Menko Polhukam yaitu Jenderal (Purn) Wiranto selama 1, 8 tahun dan Prof Mahfud 1, 6 tahun,” tambah Letjen Rahawarin.

Jeffry Rahawarin juga pernah menjabat Komandan Kompi B Yonif 201/Jaya Yudha, Komandan Rayon Militer Kodim 0505/Jakarta Timur, Kepala Staf Kodim 1681/Timor Tengah Utara, Plt Komandan Kodim 1681/Timor Tengah Utara, Komandan Satuan Pendidikan Perwira Pusat Pendidikan Intelijen, Kepala Departemen Pengsus Intelijen Teknik Pusat Pendidikan Intelijen.

Komandan Kodim 0405/Lahat, Wakil Asisten Intelijen Kasdam II/Sriwijaya, Asisten Intelijen Kasdam II/Sriwijaya, Kepala Bidang Pemilu Legislatif dan Presiden/Wakil Presiden pada Asdep Koordinasi Pengelolaan Pemilu Kemenko Polhukam (2012—2018).

Asisten Deputi Koordinasi Intelijen Pertahanan Kemenko Polhukam (2018), Asisten Deputi Koordinasi Doktrin dan Strategi Pertahanan Kemenko Polhukam (2018—2021)

Staf Ahli bidang SDM dan Teknologi Kemenko Polhukam, Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVI/Pattimura (2021) dan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (2021 sampai sekarang). (NP)

Share:
Komentar

Berita Terkini