Vaksinasi Masyarakat Nelayan, Lantamal IX Ambon Sosialiasi 6M

Share:

satumalukuID- Untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19, berbagai cara terus dilakukan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon.

Prajurit TNI Angkatan Laut ini mendatangi para nelayan secara langsung untuk memberikan vaksinasi Covid-19.

Hari ini, Minggu (22/8/2021), giliran para nelayan yang berlabuh di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Ambon, divaksinasi.

Komandan Lantamal IX Kolonel Marinir Said Latuconsina, menyampaikan vaksinasi massal yang gencar dilakukan merupakan instruksi Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono.

Seluruh jajaran TNI AL, kata Said, diharapkan dapat mengeluarkan kemampuan penuh untuk mendukung program pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19.

“Kita diminta untuk secara totalitas mendukung program pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19 dengan melaksanakan serbuan vaksinasi masyarakat maritim,” katanya.

Said mengaku seluruh nelayan dihimbau untuk mengikuti vaksinasi termasuk yang baru selesai melaut atau menangkap ikan.

Tampak seorang nelayan sedang divaksinasi Covid-19 di Pelabuhan Perikanan Nusantara Ambon, Minggu (22/8/2021).

“Target pelaksanaan vaksin sebanyak 100 orang dengan melibatkan 10 vaksinator dari Dinas Kesehatan Lantamal IX Ambon, pendukung dari personel Lantamal IX dan Pomal Lantamal IX,” terangnya.

Ia mengaku, para nelayan dan warga pesisir menjadi target vaksinasi. Ini dilakukan agar terciptanya pemerataan sehingga dapat segera tercapai Herd Immunity atau kekebalan kelompok.

Serbuan vaksinasi masyarakat maritim sendiri merupakan salah satu upaya pemerintah melalui TNI AL. Ini agar bisa melindungi warga negara dengan memberikan, mendukung serta memfasilitasi vaksin kepada masyarakat di seluruh kawasan nusantara.

“Sudah menjadi tanggung jawab kita semua untuk terus melakukan komunikasi sosial, mengingatkan dan menghimbau masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 6M,” kata dia.
Pihaknya, kata Said, juga memberikan sosialiasi kepada masyarakat nelayan maupun pesisir agar disiplin dalam menerapkan Protokol Kesehatan 6M atau Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Mengurangi mobilitas dan Melaksanakan vaksinasi.

“Kami berharap, negara ini dapat keluar dari wabah mematikan virus pandemi Covid-19 ini,” harapnya.

Kepala PPN Ambon, Jafar Sahubauwa, di sela kegiatan vaksinasi menyampaikan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada Lantamal IX yang sudah memberikan vaksinasi kepada para nelayan.

“Kami menyampaikan terim kasih kepada Lantamal yang sudah memberikan vaksinasi Covid-19 kepada para nelayan di sini,” terangnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini