Baznaz Ternate Targetkan Himpun Dana Zakat 7 Millar Rupiah

Share:


satumalukuID - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), berupaya menghimpun dana zakat pada tahun 2024 sebesar Rp7 miliar, meliputi zakat fitrah, infak, dan sedekah.

Mu'min Arif, Wakil Ketua I Baznas Ternate, menyatakan bahwa target pendanaan tersebut telah ditetapkan, mengingat pencapaian pada tahun sebelumnya telah mencapai Rp6 miliar.

Langkah sosialisasi telah dilakukan kepada Pemerintah Kota Ternate, Forkompimda, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Ternate, pimpinan BUMN, BUMD, instansi vertikal, dan berbagai organisasi di Kota Ternate.

"Kami berharap target tersebut dapat tercapai," ungkap Mu'min Arif.

Apabila target tercapai, Baznas Ternate akan mengimplementasikan program-program tertentu, termasuk mendirikan rumah singgah untuk mereka yang berkunjung ke Ternate tanpa keluarga.

Bantuan untuk fakir miskin tetap akan disalurkan secara rutin setiap bulannya, sementara pembayaran zakat akan dilakukan secara serentak pada tanggal 5 April 2024, di semua SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Ternate, dimulai dari Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman, dan Forkompimda setempat.

Adapun zakat fitrah di Kota Ternate untuk Ramadhan 1445 Hijriah telah ditetapkan sebesar Rp45 ribu, setelah melalui kesepakatan antara Kementerian Agama dan Pemerintah Kota Ternate dengan melibatkan sejumlah imam masjid di daerah tersebut.

Peningkatan tarif ini terjadi karena kenaikan harga komoditas pangan di pasaran. (aldi)

Share:
Komentar

Berita Terkini