Pangdam Pattimura Resmikan Batalyon Infanteri 735 Bermarkas di Maluku Tenggara

Share:

Pangdam XVI Pattimura meresmikan satuan baru di jajaran Kodam XVI Pattimura, yaitu Batalyon Infanteri 735 Nawasena.

satumalukuID - Mayjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr.(Han)., Pangdam XVI Pattimura, meresmikan satuan baru di jajaran Kodam XVI Pattimura, yaitu Batalyon Infanteri 735 Nawasena.

Peresmian ini berlangsung di Mako Yonif 735 Nawasena Desa Ibra, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara pada Senin (29/1/2024).

Selain itu, dilakukan juga alih Kodal dua Kompi Senapan Yonif 731 Kabaresi dan 2 Kompi Senapan Yonif 734 Satria Nusa Samudra menjadi Kompi-kompi di Yonif 735 Nawasena.

Acara peresmian Batalyon ini mencakup pembukaan selubung lambang kesatuan "Vira Manggala Dharma Satya" yang ditandai dengan penyerahan oleh Pangdam kepada Danyonif 735 Nawasena, serta penandatanganan prasasti.

Dalam amanatnya, Pangdam menyatakan bahwa pembentukan Batalyon baru ini adalah realisasi dari kepercayaan masyarakat, pemerintah daerah, dan komponen bangsa di wilayah Maluku Tenggara.

Peresmian Yonif 735 Nawasena menandai peningkatan kekuatan TNI Angkatan Darat di wilayah Kodam XVI Pattimura setelah melalui pertimbangan dan kajian mendalam.

Pangdam menekankan kepada personil Yonif 735 Nawasena untuk menjaga dan memelihara kepercayaan dari pimpinan TNI Angkatan Darat dan masyarakat.

[cut]

Sinergitas, solidaritas, dan kolaborasi yang baik dengan Polri, Pemerintah Daerah, dan masyarakat Kabupaten Maluku Tenggara diharapkan untuk menciptakan situasi wilayah yang aman dan kondusif.

Setelah upacara peresmian, Pangdam melanjutkan kegiatan pemotongan pita dan penanaman pohon, serta meninjau pangkalan didampingi tamu undangan yang hadir.

Hadir dalam peresmian tersebut antara lain Danrem 151 Binaiya, Asrendam XVI PTM, Danlanal Tual, Danbrigif 27 Nusa Ina, Danlanud Dominicus Dumatubun, Dandim 1503 Tual, Dandenpom Masohi, dan Danyonif 734 SNS serta Danyonif 735 Nawasena.

Turut hadir juga Forkopimda, Toga, Toda, Tomas Kota Tual, dan Kab. Malra, serta Ketua Persit KCK Daerah XVI Pattimura beserta pengurus. (aldi)

Share:
Komentar

Berita Terkini