Universitas Pattimura Wisuda 1.547 Lulusan di Ambon, Maluku Barat Daya dan Aru

Share:


satumalukuID - Universitas Pattimura Ambon mewisuda 1.547 orang lulusan dari sembilan fakultas pada periode Desember 2023.

Adapun total lulusan sarjana yang diwisuda Universitas Pattimura sepanjang Tahun 2023 mencapai 6.179 mahasiswa.

“Ini dapat diasumsikan bahwa Unpatti sudah mencapai 99,51 persen keseimbangan antara input dan output,” kata Rektor Universitas Pattimura Prof Freddy Leiwakabessy, Senin (18/12/2023). 

Rektor menekankan agar 80 persen lulusan Unpatti dapat meraih keberhasilan dengan terserap di dunia kerja, harus bisa melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, serta menjadi wirausaha atau menciptakan lapangan kerja yang baru.

"Dari 6.149 lulusan, harus kita kejar 80 persen memberikan outcome yang betul-betul bermanfaat bagi institusi ini," ujar Leiwakabessy.

Sementara itu Ketua Senat Universitas Pattimura Prof Nirahua menjelaskan selain di Kota Ambon ada juga wisuda yang prosesinya dilakukan di Kabupaten Kepulauan Aru dan Kabupaten Maluku Barat Daya.

[cut]

Nirahua juga merinci wisudawan Unpatti pada periode Desember 2023, terdiri atas fakultas hukum 134 orang, fakultas iImu sosial dan politik 146 orang, fakultas keguruan dan iImu pendidikan 609 orang, fakultas ekonomi dan bisnis 148 orang, fakultas pertanian 51 orang, fakultas perikanan dan ilmu kelautan 56 orang, fakultas teknik 183 orang, fakultas matematika dan iImu pengetahuan alam 49 orang, serta fakultas kedokteran 20 orang.

Sementara di Kabupaten Kepulauan Aru 43 orang, PSDKU Kabupaten Maluku Barat Daya 20 orang dan pascasarjana akademik 88 orang.

Adapun lima lulusan di antara seribuan wisudawan itu mendapat predikat cumlaude. Salah satunya adalah Kepala Bappeda Kota Ambon, Dr Enrico Rudolf Matitaputty dengan program studi S3 IImu Kelautan. (aldi)

Share:
Komentar

Berita Terkini