Tak Hanya Bikin Kenyang, Ini 6 Manfaat Makanan Khas Maluku Sagu

Share:

Bahan makanan Sagu yang belum diolah menjadi panganan

satumalukuID - Sagu sejatinya merupakan makanan khas orang Maluku. Sejak dulu masyarakat di Maluku sudah mengonsumsi Sagu sebagai makanan pokok untuk memenuhi sumber karbohidrat.

Sayangnya, belakangan ini, di kawasan perkotaan di Maluku, konsumsi Sagu sebagai makanan pokok sudah digantikan beras. Padahal, produksi dan harga beras seringkali fluktuatif karena masih mengandalkan beras impor.

Berikut ini beberapa manfaat yang diperoleh jika mengonsumsi Sagu:

Sumber Energi

Sagu mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi yang stabil dan bertahan lama. Ini dapat menjadi aspek penting dalam diet sehari-hari.

Bebas Gluten

Bagi mereka yang memiliki intoleransi terhadap gluten, sagu bisa menjadi alternatif yang bagus karena bebas gluten.

[cut]

Sumber Serat

Meskipun kadar seratnya tidak sebanyak sayur-sayuran atau biji-bijian lainnya, sagu mengandung serat yang membantu pencernaan dan kesehatan usus.

Mudah Dicerna

Sagu dapat mudah dicerna oleh tubuh, membuatnya cocok untuk orang-orang yang memiliki masalah pencernaan atau perut sensitif.

Kandungan Nutrisi

Sagu mengandung beberapa nutrisi penting seperti kalsium, zat besi, dan beberapa mineral lainnya yang mendukung kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh.

Beragam Penggunaan

Selain dikonsumsi sebagai makanan pokok, sagu juga bisa diolah menjadi berbagai produk seperti tepung sagu, permen sagu, atau digunakan dalam pembuatan kue-kue tradisional. (alda kezia)

Share:
Komentar

Berita Terkini