Masyarakat Negeri Leahari Ambon Laksanakan Ritual Adat Cuci Negeri

Share:

Pelaksanaan ritual adat cuci negeri Leahari Ambon

satumalukuID - Masyarakat Negeri Leahari, Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon melaksanakan ritual adat cuci Negeri, Jumat (29/12/2023).

Acara ini melibatkan warga Negeri Leahari, perangkat adat dan tokoh-tokoh masyarakat stempat.

Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena, menghadiri acara cuci negeri yang dilaksanakan masyarakat Negeri Leahari tersebut.

Bodewin Wattimena, dalam sambutannya mengatakan, Negara Indonesia mengakui keberadaan kesatuan masyarakat adat yang ada di dalamnya. Karena itu setiap negeri adat yang ada di negara ini diberikan kebebasan dan keleluasaan untuk terus hidup bertumbuh sesuai dengan kearifan lokal yang dimiliki.

Menurut Wattimena, di Kota Ambon ritual cuci negeri ini sering dilakukan, seperti yang pernah dilakukan oleh Negeri Soya dan lain sebagainya.

Hal ini menurut dia, menggambarkan bahwa masyarakat adat, sungguh menghargai nilai-nilai yang telah diwariskan oleh para leluhur dari negeri-negeri adat tersebut dan pemerintah kota menyambut baik dan selalu mendukung penuh kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh negeri-negeri adat.

[cut]

“Ritual-ritual adat seperti ini jangan hilang. Harus tetap dijaga dan dilestarikan agar terus bertumbuh, sehingga pada waktunya nanti akan menjadi pariwisata yang dapat dikembangkan atau dijual ke dunia luar,” ujar Wattimena.

“Ambon harus bisa seperti Bali yang selalu menjaga dan memelihara ritual-ritual keagamaan maupun adat istiadat, sehingga membawa nilai tambah bagi pengembangan pariwisata di sana,” imbuhnya.

Diakhir sambutannya Bodewin mengucapkan selamat dan sukses kepada Raja Negeri Leahari, seluruh badan Saniri Negeri, serta tokoh-toko adat, atas penyelenggaraan ritual cuci negeri yang telah dilaksanakan. (aldi)

Share:
Komentar

Berita Terkini