Maluku Juara Umum Anugerah Pesona Indonesia 2023

Share:

Pelaksanaan ajang API 2023 di Kota Ambon

satumalukuID - Provinsi Maluku terpilih sebagai juara umum dalam malam puncak Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards Tahun 2023 yang dilaksanakan di Kota Ambon.. 

Prestasi tersebut diraih setelah meraih Juara Pertama pada lima kategori yang dikompetisikan.

Provinsi Maluku sendiri mendapatkan nominasi API 2023 pada 12 destinasi wisata.

Diantaranya, kategori Makanan tradisional, nominasi sukong latuhalat, Kota Ambon, promosi digital, Ngurbloat Smart Tourism, Maluku Tenggara, brand pariwisata, The Spice Island, Maluku, cendera mata, kerang jargaria, Kepulauan Aru. 

Selanjutnya, kategori olahraga petualangan, nominasi Namrinat Green Adventure, Kabupaten Buru Selatan (Bursel), wisata air, laha muck diving, Ambon, Ekowisata, Mangrove Sanleko, Buru.

Dataran tinggi, taman meditasi kukmomor, kisar, Maluku Barat Daya (MBD), situs sejarah, situs kapitan joncker de manipa, Seram Bagian Barat (SBB) dan atraksi budaya, tari ambareas, Seram Bagian Timur (SBT). 

Kabid Pengembangan Pemasaran Pariwisata Maluku, Marisca Kakialatu mengatakan, dari 12 destinasi wisata itu, Provinsi Maluku meraih juara satu pada lima kategori.

Sehingga Provinsi Maluku terpilih menjadi juara umum pada API Awards 2023 ini.

"Kita bersyukur karena dengan hasil dukungan dari masyarakat, di API Awards tahun ini kita bisa meraih juara umum, " kata Marisca usai pegelaran malam puncak API Awards di gedung Plaza Presisi Mapolda Maluku, Rabu (1/11/2023) malam.

Diungkapkan, ini kali pertama Provinsi Maluku menjadi juara umum pada ajang API Awards. Tentu itu menjadi prestasi yang sangat membanggakan.

"Dan ini baru kami rasakan. Ya, tentu suatu prestasi yang sangat membanggakan," tuturnya 

Marisca bilang, destinasi wisata yang masuk nominasi pada API tahub ini merupakan destinasi wisata baru yang baru di publikasikan.

Sehingga, destinasi wisata tersebut akan menjadi perhatian bagi pemerintah untuk semua sektor agar dikembangkan. (aldi josua)

Share:
Komentar

Berita Terkini