Unpatti Ambon Jadi Tuan Rumah Forum Ilmiah dan Pleno Mahasiswa Ekonomi se-Indonesia

Share:

Pelaksanaan Forum Ilmiah dan Pleno Mahasiswa Ekonomi se-Indonesia (ISMEI) di Universitas Pattimura.

satumalukuID - Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, menjadi tuan rumah Forum Ilmiah dan Pleno Mahasiswa Ekonomi se-Indonesia (ISMEI) dengan tema "Masa depan Ekonomi Indonesia".

"Forum Ilmiah ini harus menjadi ukuran kualitas mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan berfikir kritis, berkomunjkasi, berkolaborasi, bernegosiasi, serta kemampuan dalam menyelesaikan masalah," ujar Wakil Rektor bidang Akademik Unpatti, Prof. Fredy Leiwakabessy dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Selasa (17/10/2023).

Forum ini juga diharapkan dapat menjadi wadah untuk berdiskusi tentang cara mahasiswa Ekonomi dapat melihat peluang, berinovasi, dan mengoptimalkan potensi sumber daya di daerah masing-masing untuk menciptakan peluang usaha baru dan mendukung kemunculan pengusaha muda.

Dalam forum ini, pentingnya pemahaman tentang konteks perekonomian dibahas, terutama dalam menghadapi ketidakpastian global dan berbagai tantangan yang mungkin dihadapi perekonomian dunia, seperti perubahan geopolitik, ketidakpastian pasar, dan isu-isu lingkungan.

Forum ini juga mengakui peran penting aktivis mahasiswa dalam menjaga keberlanjutan (sustainability) dan mengawasi berbagai isu ekonomi.

Aktivis mahasiswa diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam mencari solusi terhadap berbagai tantangan ekonomi yang dihadapi oleh bangsa Indonesia.

Gubernur Maluku dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Maluku, Habiba Saimima menyambut para peserta dan berharap adanya peningkatan sinergitas antara kelompok masyarakat, termasuk mahasiswa, dengan pemerintah.

[cut]

Sinergitas yang baik diharapkan dapat berpengaruh positif pada proses percepatan pembangunan nasional.

Peserta diharapkan dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan untuk merumuskan solusi terhadap berbagai tantangan ekonomi yang dihadapi Indonesia.

Forum Ilmiah seperti ini penting dalam memfasilitasi pertukaran gagasan, diskusi, dan peningkatan pemahaman mahasiswa tentang isu-isu ekonomi yang relevan.

Hal ini juga dapat membantu para mahasiswa untuk mempersiapkan diri dan berkontribusi pada pembangunan ekonomi Indonesia di masa depan. (aldi josua)

Share:
Komentar

Berita Terkini