Leiwakabessy, Wenno dan Madubun Sah Jadi Calon Rektor Universitas Pattimura

Share:

Proses penetapan Calon Rektor Universitas Pattimura

satumalukuID - Senat Universitas Pattimura menetapkan tiga calon rektor yang akan menjalani proses pemilihan. Ketiga calon rektor dimaksud adalah Prof Fredy Leiwakabessy, Prof Izaak Hendrik Wenno, dan Prof Yusuf Madubun.

Mereka bertiga lolos dalam proses seleksi bakal calon rektor setelah meraih suara tertinggi dalam proses pemungutan suara yang dilaksanakan panitia pemilihan.

Dalam proses tersebut Leiwakabessy meraih 22 suara, Wenno 16, Madubun 15. Sedangkan dua bakal calon lain yang tak masuk tiga besar, yakni Dr Rory Jeff Akyuwen memperoleh 10 suara, dan Prof Pieter Kakisina 8 suara.

Kepastian tiga calon Rektor Unpatti periode 2023-2027 tersebut diumumkan Ketua Senat Universitas Pattimura, Prof SEM Nirahua, Kamis (5/10/2023).

Menurut Nirahua, tahap selanjutnya adalah pengajuan dan persiapan pemilihan rektor bersama Menteri Pendidikan.

Menurut Permenristekdikti yang diikuti dengan peraturan senat, Menteri Pendidikan memiliki hak suara sebesar 35 persen dalam pemilihan rektor perguruan tinggi.

Proses ini akan dilaksanakan dalam waktu yang tidak melebihi satu bulan sebelum berakhirnya masa jabatan rektor saat ini pada 25 November 2023.

Proses pemilihan rektor akhir adalah kewenangan Menteri Pendidikan. Menteri memiliki hak suara yang signifikan dalam proses ini, dan hasilnya akan memengaruhi penetapan rektor Universitas Pattimura. (aldi josua)


Share:
Komentar

Berita Terkini