AMGPM Cabang Tiberias II dan KPOTI Maluku Gelar Festival Olahraga Tradisional

Share:

Festival Olahraga Tradisional yang dilaksanakan AMGPM Cabang Tiberias II bersama KPOTI Provinsi Maluku.

satumalukuID - Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) Cabang Tiberias II bersama Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia  (KPOTI) Provinsi Maluku menggelar Festival Olahraga Tradisional.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95 di Ambon, Sabtu (28/10/2023).

Kegiatan yang diikuti 140 orang dari tujuh ranting dan satu cabang AMGPM itu memperlombakan empat cabang olahraga (cabor) tradisional yaitu tarompa, engrang, lari balok, lompat karung serta satu cabor prestasi yaitu lari estafet 4x100 meter.

Ketua Cabang AMGPM Tiberias II, Matelda Tabakwan berharap festival olahraga tradisional dapat menjadi pemicu serta  motifasi bagi pengembangan minat dan bakat rekan-rekan AMGPM yang ada di Cabang Tiberias II.

"Sekiranya nilai-nilai dari permainan rakyat dan olahraga tradisional dapat dipahami dan digaungkan agar tetap lestari ditengah perkembangan teknologi saat ini," ujarnya.

Sementara itu, Jemi Putirulan selaku Ketua KPOTI Maluku mengatakan kegiatan yang digelar bertepatan dengan momentum Hari Sumpah Pemuda yang ke-95 tahun 2023, diharapkan menjadi satu langkah maju untuk pemuda dan pemudi di Kota Ambon untuk tetap menjaga dan melestarikan budaya permainan tradisional yang hampir punah.

Dia juga Berharap kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun. Berbagai permainan rakyat ini merupakan salah satu aset budaya yang perlu dilestarikan. (aldi josua)

Share:
Komentar

Berita Terkini