Warga Negeri Naku Datangi DPRD Kota Ambon Pertanyakan Status Raja Definitif

Share:

Warga Negeri Naku, Kota Ambon saat mengadu ke Komisi I DPRD Ambon, Senin (21/8/2023)

satumalukuID - Puluhan warga Negeri Naku, Kecamatan Leitimur Selatan mendatangi Gedung DPRD Kota Ambon, Senin (21/8/2023).

Kehadiran mereka untuk menemui pihak komisi I DPRD Kota Ambon guna membahas persoalan penundaan pelantikan raja definitif Negeri Naku.

"Kita mau DPRD melalui Komisi I bisa melihat masalah di negeri kami," kata warga Negeri Naku Hanock Gasperzs

Dia menjelaskan, Saniri Negeri Naku sudah mengajukan usulan pelantikan raja Negeri Naku ke Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena.

Dalam surat usulan, diminta pelantikan Zadrak Gasperzs sebagai raja definitif Negeri Naku dapat dilakukan pada 8 Agustus 2023.

"Tapi sampai hari ini, pelantikan itu tidak pernah ada. Padahal surat dari saniri sudah masuk ke meja pak Bodewin,” ungkap dia.

Dia menduga, ada lobi-lobi politik yang dilakukan kelompok warga yang kontra dengan Zadreck Gasperzs.

[cut]

"Karena pada tanggal 4 Agustus 2023, kita mendapat informasi ada kelompok warga yang menemui pak Bodewin di kediamannya. Setelah pertemuan itu, pelantikan Raja Naku langsung tak ada titik terangnya," ucapnya

Padahal, lanjutnya, Pj Wali Kota Ambon pernah menyampaikan ke warga masyarakat Naku untuk secepatnya melantik raja definitif. Sebab kekosongan raja di Naku sudah terjadi hampir 30 tahun lamanya.

"Kita kecewa. Raja yang kita idamkan tidak pernah ada. Di saat sudah ada, pelantikan malah ditunda-tunda tanpa alasan jelas,"  timpalnya.

Anggota Komisi I DPRD Kota Ambon, Johny Wattimena mengatakan, sudah menerima dan mencatat semua keluhan yang disampaikan warga Naku. 

"Saya hanya terima aduan mereka. Soal keputusan, saya tidak bisa mengambil. Nanti saya laporkan ke pimpinan komisi baru kita atur agenda untuk membahas persolan ini," ujar dia.

Share:
Komentar

Berita Terkini