Peduli Perempuan dan Anak, Polda Maluku Terima Penghargaan dari Kementerian PPPA

Share:

Menteri PPPA berfoto bersama para Kapolda yang menerima penghargaan Peduli Perempuan dan Anak. (Foto: Humas Polda Maluku)

satumaluku.id - Polda Maluku menerima penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia karena dianggap peduli terhadap perempuan dan anak. 

Penghargaan tersebut diberikan atas aktivitas personel yang memastikan dan mendorong kecepatan proses hukum dalam mengungkap kasus kekerasan terhadap anak. 

Berkat upaya tersebut, kasus-kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan, termasuk kasus yang viral di wilayah hukum Polda Maluku, dapat cepat ditangani.

Polda Maluku juga dinilai memiliki komitmen dan konsistensi dalam kebijakan penanganan kasus yang melibatkan perempuan dan anak, yang menjadi salah satu alasan lainnya untuk diberikan penghargaan tersebut. 

Penghargaan diserahkan Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati dan diterima Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, pada acara malam penganugerahan apresiasi kabupaten/kota layak anak (KLA), serta penyerahan penghargaan kepada Pemerintah Daerah dan Aparat Penegak Hukum, di Padma Hotel, Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (22/7/2023).

 

Acara itu dilaksanakan sekaligus untuk memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2023 (HAN 2023).

[cut]

 

Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, menyampaikan apresiasi kepada para pemerintah daerah dan aparat penegak hukum atas upaya perlindungan terhadap perempuan dan anak di Indonesia.


Indonesia merupakan negara yang melindungi hak-hak anak sesuai dengan konstitusi, di mana negara berkewajiban untuk mencukupi hak anak, melindungi mereka, dan menghargai mereka. 


Pemberian penghargaan ini berhubungan dengan antusiasme kepala daerah dalam membuat inovasi berkelanjutan yang dapat dirasakan oleh seluruh anak bangsa.


“Harapan kami penghargaan yang diterima dapat menjadi motivasi dan memacu kreatifitas dalam melanjutkan program-program perlindungan anak di seluruh wilayah Indonesia,” ujarnya.


Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas penghargaan tersebut. 


“Saya berharap penghargaan tersebut akan memotivasi jajarannya, khususnya satuan PPA, untuk terus memberikan perlindungan yang konsisten terhadap perempuan dan anak di Maluku,” ujar Kapolda.

[cut]


Dia menjelaskan, Polri  memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung kebijakan pemerintah, termasuk memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak dari kekerasan dan penyiksaan. 


Selain menegakkan hukum secara tegas kepada para pelaku kejahatan terhadap perempuan dan anak, Polda Maluku juga gencar melaksanakan upaya pencegahan. 


Pencegahan dilakukan melalui sosialisasi dan penyuluhan oleh Bhabinkamtibmas di daerah masing-masing, serta kunjungan oleh Polwan (polisi wanita) Polda Maluku ke sekolah-sekolah mulai dari PAUD/TK hingga SMA sederajat.


Polda Maluku juga berupaya menciptakan lingkungan yang ramah terhadap perempuan dan anak dengan bersinergi dengan instansi terkait dan tokoh masyarakat untuk meningkatkan perlindungan bagi mereka. 

 

Semua langkah ini diharapkan dapat terus memperkuat upaya perlindungan terhadap perempuan dan anak di wilayah Maluku. (aldi josua)

 

 

 

 


Share:
Komentar

Berita Terkini