Geger, Bocah Ambon Temukan Bom saat Main di Kebun Warga di Negeri Soya

Share:


satumalukuID- Warga Negeri Soya, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, digegerkan dengan temuan bom, Minggu (2/7/2023). 

Bom itu ditemukan oleh bocah yang sedang bermain. Kasi Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ipda Janete Stepahanie Luhukay, mengatakan saat itu bocah berinisial JH (8) tengah bermain bersama rekan-rekannya.  

Tiba-tiba, kata dia, sang bocah menemukan benda mencurigakan mirip bom di dekat pohon kelapa di kebun samping rumah milik Agus Huwaa.

“Dia (JH) pun memberitahukan kepada pemilik rumah,” kata Janete dalam keterangannya, Minggu (2/7/2023). 

Sesaat setelah memperoleh informasi itu, lanjutnya, Agus Huwaa menghubungi Bhabinkamtibmas Negeri Soya dan diteruskan kepada Tim Jibom Polda Maluku.

“Sekitar pukul 16.30 WIT, personel Unit Jibom Satuan Brimob Polda Maluku tiba di TKP,” kata Janete. 

Ia menambahkan, dari hasil pemeriksaan oleh personel Unit Jibom Satuan Brimob Polda Maluku, benda tersebut merupakan bom militer jenis proyektil dengan berat dan ukuran  berat 11,5 kg, panjang 47 cm, dan diameter 8,9 cm. 

Benda tersebut, menurutnya, langsung diamankan personel unit jibom untuk dimusnahkan. Petugas juga melakukan sterilisasi untuk memastikan tidak ada benda mencurigakan lainnya di sekitar TKP. 

Janete mengatakan, sekitar pukul 18.00 WIT, bom militer tersebut dimusnahkan menggunakan blasting machine. Proses pemusnahan dilakukan sebanyak dua kali.

“Selanjutnya dilakukan pembersihan dan serpihan bom militer diamankan guna dibawa ke Mako Satuan Brimob Polda Maluku,” katanya. (aldi)

Share:
Komentar

Berita Terkini