Cuaca di Maluku Jumat 21 Juli 2023 Berawan dan Hujan Ringan, BMKG: Waspada El Nino

Share:


satumalukuID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca Kota Ambon dan wilayah Maluku pada Jumat (21/7/2023) umumnya berawan namun masih ada hujan ringan.

Hujan ringan diperkirakan akan terjadi siang menjelang sore hari sekitar pukul 15.00 WIT. Namun selanjutnya berawan lagi hingga malam hari.

Adapun suhu udara berkisar pada  23 - 30 derajat Celcius dengan tingkat kelembaban 70 - 90 persen, serta kecepatan angin rata-rata  30 kilometer per jam.

Sementara itu Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengingatkan semua pihak terkait dengan dampak yang ditimbulkan dari fenomena El Nino yang kini mulai menguat.

"Jadi El Nino itu sesuai hasil prediksi sudah mulai terjadi di Indonesia sejak Juli. Tapi sesuai hasil prediksi juga, El Nino-nya masih lemah di awal-awal Juli itu," katanya usai membuka Sekolah Lapangan Cuaca Nelayan (SLCN) Tahun 2023 Kabupaten Cilacap di Balai Diklat Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (20/7/2023).

[cut]

Dalam hal ini, kata dia, dampak dari El Nino pada awal Juli masih kurang signifikan atau kurang terasa karena El Nino-nya masih lemah.

Akan tetapi beberapa hari lalu, sesuai hasil prediksi, indeks El Nino semakin menguat dari yang awalnya masih lemah mulai menjadi moderat.

"Nah, ini baru mulai menjadi moderat. Makanya kami terus gencar mengimbau, mengingatkan, dengan El Nino yang semakin moderat atau semakin menguat, tentunya dampaknya akan menguat juga," ujarnya.

Dengan demikian, kata dia, puncak terjadinya El Nino diprediksi akan berlangsung pada bulan Agustus-September dan hal itu akan berakibat pada musim kemarau yang lebih kering dari kemarau saat tidak terjadi El Nino seperti pada tahun 2020, 2021, dan 2022. (alvi)

Share:
Komentar

Berita Terkini