Ambon Diprediksi Hujan Ringan, Pelayaran Antar Pulau di Maluku Ditunda

Share:


satumalukuID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sebagian besar wilayah di Indonesia berpotensi berawan pada Senin (10/7/2023). Sementara untuk wilayah Ambon, diprediksi akan diguyur hujan dengan intensitas ringan.

Berdasarkan informasi prakiraan cuaca yang disampaikan BMKG melalui laman www.bmkg.go.id di Jakarta, Senin, Hujan dengan intensitas ringan diprakirakan akan mengguyur wilayah Pontianak, Tanjung Pinang, Pekanbaru, Padang, Mamuju, dan Ambon.

Sementara hujan disertai petir diprediksi terjadi di Palembang. Hujan berintensitas lebat diprakirakan akan terjadi di Bengkulu dan Lampung.

Cuaca berawan diprakirakan terjadi di sejumlah daerah, yakni Serang, Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Semarang, Palangka Raya, Pangkalpinang, Medan, Denpasar, Tanjung Selor, Makassar, Sofifi, dan Manokwari.

BMKG memprakirakan cuaca cerah berawan di Banda Aceh, Gorontalo, Mataram, Palu, Kendari, Manado, dan Jayapura. Cuaca cerah diprediksi terjadi di daerah Surabaya, Banjarmasin, dan Kupang.

TUNDA PELAYARAN

Sementara itu, pelayaran antarpulau pada beberapa pelabuhan penyeberangan di Maluku terpaksa ditunda atau tidak beroperasi karena cuaca buruk.

Penyeberangan yang tidak beroperasi karena cuaca buruk tersebut, yakni Pelabuhan Penyeberangan Galala Ambon, Pelabuhan Penyeberangan Namlea, Pelabuhan Penyeberangan Waai Maluku Tengah, dan Pelabuhan Penyeberangan Tual.

“Kondisi cuaca yang ekstrim dalam beberapa hari terakhir menyebabkan operasional pelayaran pada beberapa pelabuhan penyeberangan tidak beroperasi,” kata Pengolah Data Kehumasan dan Publikasi BPTD Maluku, Mohammad Fausan Salatalohy, di Ambon, Minggu (9/7/2023).

Ia mengatakan, sejumlah penyeberangan tersebut dihentikan berdasarkan informasi terbaru BMKG Stasiun Meteroeologi Maritim Ambon Nomor : PCWP/KAMB/09/VII/2023. (aldi josua)

Share:
Komentar

Berita Terkini