Tradisi Hadrat dan Karnaval Budaya di Negeri Batu Merah Perlu Dipertahankan

Share:

Pelaksanaan Hadrat dan Karnaval Budaya di Negeri Batumerah

satumalukuID - Gubernur Maluku Murad Ismail mengajak masyarakat Negeri Batu Merah, Kota Ambon untuk mempertahankan tradisi Hadrat dan Karnaval Budaya yang diselenggarakan setiap tahun pada hari Raya Idul Adha.

“Jalan-jalan ke Batu Merah, undang Gubernur hadiri acara. Hadrat dan Karnaval sungguh meriah, masyarakat Batu Merah ceria dan gembira. Pohon Gandaria jangan ditebang, jarang ditemukan di tempat lain. Hadrat dan Karnaval jangan dibuang, jadi pusaka turun-temurun,” ungkap Gubernur Maluku dalam sambutannya yang disampaikan Sekretaris Daerah Maluku, Sadali Ie saat membuka Festival Hadrat dan Karnaval Budaya Negeri Batu Merah 1444 Hijriah / 2023 Masehi.

Festival tersebut dilaksanakan dalam naungan tema bertajuk “Budaya dan Tradisi Negeri Hatukau Mempererat Persatuan dan Kemajuan”, Kamis (29/6/2023) yang berlangsung di Jalan Hasanuddin, Negeri Batu Merah, Kota Ambon.

Dikatakan, tradisi hadrat dan karnaval mengandung nilai ibadah kepada Allah SWT yang harus mampu diinternalisasikan oleh masyarakat muslim, terutama masyarakat Negeri Batu Merah dalam kehidupan sehari-hari.

“Agar budaya tersebut tidak hilang, sebagai generasi muda dan masyarakat pada umumnya, sebaiknya mempelajari, mengikuti, mengajarkan, lalu mengenalkan budaya lokal ke dunia internasional,” kata Gubernur dalam keterangan tertulisnya.

Untuk itu, kedepan, Gubernur berharap, momen hadrat dan karnaval ini harus dikemas dengan lebih menarik sehingga memberikan daya pikat dan tarik tersendiri, sebagai modal sosial kultur yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Negeri Batu Merah.

“Terhadap kegiatan ini, saya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh pihak khususnya pemerintah dan masyarakat Negeri Batu Merah yang telah menggagas kegiatan ini.

Dan atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Provinsi Maluku, saya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah / 2023 Masehi, mohon maaf lahir batin,” tandas Gubernur.

Turut hadir acara pembukaan Festival Hadrat dan Karnaval Budaya Negeri Batu Merah, Ina Latu Maluku, Widya Pratiwi Murad, Pj. Walikota Ambon Boedewin Wattimena, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku Meikyal Pontoh, Ketua DWP Provinsi Maluku Nita Sadali, pimpinan dan staf pemerintah Negeri Batu Merah.

Share:
Komentar

Berita Terkini