Ricardo Salampessy; Asal Negeri Suli, Kecil di Halong, Berkarir di Persipura

Share:

Kolase foto Ricardo Salampessy saat ini (kiri) dan saat tampil sebagai pemain Timnas Indonesia (kanan)

satumalukuID - Fans Timnas Indonesia pasti mengenal pesepakbola yang identik dengan Persipura Jayapura, Ricardo Salampessy.
 

Debut di Timnas Indonesia diawali pada tahun 2005 pada ajang Sea Games di Manila. Saat itu, Dia bermain di posisi bek kanan dan dikenal sebagai pesepkbola yang tenang dan efektif menjaga lawan.

Ricardo Salampessy sendiri, hingga saat ini dikenal sebagai salah satu legenda klub Persipura. Dia seangkatan Boaz Salosa yang berhasil membawa Persipura merajai pentas sepak bola kasta tertinggi Indonesia selama beberapa tahun.

Kendati berkarir dan membangun reputasi sebagai pesepakbola di Tanah Papua, namun sejatinya, Ricardo Salampessy, tetap identik sebagai orang Ambon.

Ricardo kecil memang lahir di Kota Ambon tahun 1984 lalu. Ayahnya Semmy Salampessy berasal dari Negeri Suli Pulau Ambon. Begitu juga ibunya Yoke.

Saat di Ambon, Erik, panggilan masa kecil, Ricardo Salampessy, tinggal dan bersekolah di komplek TNI AL Halong. Ayahnya almarhum Semmy Salampessy adalah seorang PNS TNI AL yang bertugas di Lantamal Ambon.

Dia bersama keluarga tinggal di Rt3 dekat dengan sekolah SD Hang Tuah dan lapangan sepakbola Halong komplek.

Namun, seiring kebijakan TNI AL yang men-downgrade status Lantamal Ambon menjadi Lanal di tahun 1990-an, Ricardo mengikuti sang ayah dan ibu pindah tugas ke Lantamal Jayapura.

Di Jayapura inilah, dia memulai karir sepakbola hingga masuk Timnas Indonesia. 

Dalam wawancara di salah satu Podcast olahraga, Ricardo mengaku seringkali pulang ke negeri asalnya Suli, Pulau Ambon. Dia juga tidak bisa melepaskan identitasnya sebagai orang Ambon kendati sudah hidup dan tumbuh dewasa di Jayapura.

Saat ini, Ricardo masih memiliki peran penting Persipura, Jayapura. Salah satu PNS di Pemkot  Jayapura ini sedang menjalani tugas sebagai asisten manager merangkap pemain di klub kebanggaan orang Papua itu. (alvi petra)

Share:
Komentar

Berita Terkini