FK Unpatti Ambon Gelar Serangkaian Kegiatan Sambut Dies Natalis ke-15

Share:


satumalukuID - Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura (FK Unpatti) menyelenggarakan rangakaian kegiatan Dies Natalis ke-15 di Auditorium Lantai 3 FK Unpatti, Selasa 21 Juni 2023.

Bertemakan “FUNTASIA”, pencanangan ini diawali dengan Kuliah Umum oleh Prof. Benjamin Gregg, Ph.D (University of Texas) dengan materi yang dibawakan yaitu “Deploying Epigenetics to Identify Responsibility for Genetically Influenced Health Inequalities”.

Aurelia Cynthia Rerung, selaku ketua panitia dalam laporannya mengatakan, tema yang diangkat dalam pencanangan dies natalis kali ini adalah “FUNTASIA” yang diangkat dari kata “FANTASI” memiliki arti yaitu Angan-Angan atau gambaran yang indah. 

Melalui tema ini diharapkan agar seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan baik dan menjadi indah. 

Serangkaian kegiatan kali ini antara lain Pencanangan Dies Natalis yang dirangkaikan dengan Kuliah Umum (20/6), Pengabdian Kepada Masyarakat 0.1 (CPR Goes to School) pada  23 Juni, dan Roadshow Alumni Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) UGM bersama FK Universitas Pattimura 24 Juni, 

Selain itu, ada Jalan Santai, Lomba Permainan Rakyat dan Color Fun 1 Juli, Lomba Poster dan Video Edukasi Nasional, Lomba Mading, dan Lomba Dance 2 Juli,  Pengabdian Kepada Masyarakat 0.2 (Sirkumsisi Massa Gratis di Desa Mamala) 8 Juli, Webinar Nasional 9 Juli dan Temu Alumni Mahasiswa FK Unpatti serta malam puncak Dies Natalis FK Unpatti ke-15 pada 15 Juli.

Diakhir laporannya, ia berharap agar melalui dies natalis tahun ini, kiranya dapat menjadi wadah untuk kebersamaan antara seluruh sivitas akademika dan alumni FK Unpatti.

Sementara itu, Dekan FK Unpatti, Dr. dr. Bertha J. Que, Sp.S, M.Kes dalam sambutannya mengatakan FK Unpatti telah menyelenggarakan pencanangan Dies Natalis ke-15. Nantinya Ulang Tahun  FK Unpatti akan berlangsung pada Tanggal 11 Juli Tahun 2023. 

Walaupun masih berada pada usia yang masih anak/remaja, akan tetapi semangat dan hal yang besar akan diraih bersama oleh seluruh sivitas akademika. 

“Hal ini tentunya menjadi kekuatan dan semangat tersendiri bagi kami dalam mengembangkan Universitas Pattimura sehingga kedepannya dapat menjadi kebanggaan tersendiri di Provinsi Maluku”, katanya.

Dekan juga mengatakan, pengembangan akademik pada Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura akan terus dilakukan, yang meliputi penambahan beberapa program studi dan salah satunya adalah Program Studi Kedokteran Gigi. 

Program Studi Kedokteran Gigi di FK Unpatti dalam waktu dekat dibuka sehingga akan ada banyak pilihan untuk semua anak-anak di Indonesia khususnya wilayah Provinsi Maluku untuk belajar dengan tujuannya yaitu dalam mengembangkan diri, peningkatan kapasitas diri yang berguna bagi Maluku dan Indonesia. 

“Selain itu juga kami sedang merencanakan untuk mengusulkan 2 program studi baru di FK Unpatti”, ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi, Dr. Muspida, M.Si mengatakan, menyambut usia yang ke-15 tahun ini tentunya merupakan sebuah usia untuk mencari jati diri sehingga dapat berkembang dengan baik. Salah satu diantaranya adalah dengan pembukaan Program Studi Kedokteran Gigi. 

“Semua program studi yang telah direncanakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura merupakan kekuatan khusus bagi masyarakat di Maluku. Karena karakter provinsi kita adalah berbasis kepulauan, maka hal ini tentunya memudahkan para dokter dari wilayah lain untuk dapat mengabdikan diri di Provinsi Maluku”, ujar Dr. Muspida. 


Kelulusan di Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura setiap tahunnya mengalami peningkatan yang tinggi. Hal ini menjadi kebahagiaan tersendiri atas keberhasilan dari sebuah proses pembejalaran dan juga dukungan maupun kerjasama yang baik antara semua pihak.


Dr. Muspida berharap semoga FK Unpatti kedepannya dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik lewat berbagai prestasi yang ada, sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas di tengah masyarakat. (aldi)

Share:
Komentar

Berita Terkini