Desa Perikanan Cerdas Poka Berharap Akses WiFi Gratis dari Pemkot Ambon

Share:


satumalukuID - Desa Poka yang sudah ditetapkan sebagai Desa Perikanan Cerdas berharap Pemerintah Kota Ambon memfasilitasi akses internet gratis.

Penetapan Desa Poka sebagai Desa Perikanan Cerdas sudah dilakukan ditandai penandatangan nota kesepahaman antara Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Kami berharap tahun ini mendapatkan dukungan dari Diskominfo akses internet gratis berupa titik WiFi di Desa Poka, khususnya di lokus pengembangan perikanan dan wisata," kata Ketua Pokja Penyuluhan Balai Pelatihan Penyuluhan Perikanan (BP3) Ina Sopahelawakan di Ambon, Kamis (22/6/2023).

Sementara itu perwakilan Badan Riset dan SDM Kementerian Kelautan, Risnafiah mengungkapkan, kunjungan yang dilakukan untuk menginisiasi kerja sama, koordinasi, serta kolaborasi mewujudkan Desa Perikanan Cerdas.

"Kami harapkan di tahun ini bukan saja sebatas koordinasi tetapi sudah ada aplikasi teknis, apakah berupa ruang publik dengan akses internet gratis di Desa Poka, atau mungkin aplikasi pemasaran produk perikanan atau mungkin untuk aplikasi sarana produksi melalui internet," ujarnya.

Menurut Sekretaris Dinas Kominfo Kota Ambo, Ronald Lekransy, Pemkot Ambon terus berbenah melakukan transformasi digital dalam upaya optimalisasi pelayanan publik, menopang program kebijakan prioritas Penjabat Wali Kota Ambon tahun 2023 – 2024 melalui upaya inovasi dan digitalisasi pelayanan.

Upaya tersebut telah dimulai dengan menyiapkan infrastruktur jaringan (fiber optik) secara merata hingga tingkat desa/negeri.

Dia akan mengupayakam agar permintaaan tersebt bisa direalisasikan karena selama ini Pemkot telah menyediakan Wi-Fi gratis.

"Fasilitas tersebut diharapkan dapat membantu upaya digitalisasi pasar, modernisasi pasar yang efektif dan efisien, serta peningkatan layanan , dan upaya pelayanan publik lainnya yang terintegrasi," katanya.(aldi)
Share:
Komentar

Berita Terkini