Transisi PAUD ke SD di Ambon, Diminta Hilangkan Tes Calistung

Share:


satumalukuID - Pj Ketua TP PKK yang juga Bunda PAUD Kota Ambon Lisa Wattimena berharap penerimaan peserta didik baru tingkat Sekolah Dasar (SD), satuan pendidikan di Kota Ambon menghilangkan tes baca,tulis dan hitung (calistung).

Selama ini, miskonsepsi tentang calistung pada Pendidikan usia dini dan Pendidikan dasar kelas awal, masih saggat kuat di masyarakat. Padahal membangun kemampuan pada anak itu perlu dilakukan secara bertahap dengan cara yang menyenangkan.


“Kita perlu mengakhiri mskonsepsi tentang calistung mulai dari sekarang dengan transisi PAUD ke Pendidikan dasar,” kata Lisa Wattimena saat melepas anak-anak PAUD se-Kota Ambon menuju Pendidikan SD, Rabu (24/5/2023) di Aula PGSD Unpatti.


Menurut Lisa Wattimena, gerakan transisi PAUD ke SD harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan dimulai ceja tahun ajaran baru nanti. untuk itu, tidak boleh ada pelabelan "siap sekolah" kepada anak.


"Siap sekolah bukanlah pelabelan antara anak yang sudah siap atau belum siap, melainkan proses yang perlu dihargai oleh satuan pendidikan dań orang tua secara bijak," ungkapnya.(aldi)




Share:
Komentar

Berita Terkini