Satgas Rafi Pertamina Data Penggunaan Energi di Maluku Papua Turun

Share:

 

Aktivitas pengisian bahan bakar minyak (BBM) di salah satu SPBU di Kota Ambon.

satumalukuID - Satuan Tugas (Satgas) Ramadhan dan Idul Fitri (Rafi) Pertamina Patra Niaga 2023 Regional Papua Maluku mendata secara keseluruhan konsumsi energi mengalami penurunan.

Laporan akhir Satgas Rafi 2023, konsumsi BBM jenis gasoline (pertalite dan pertamax) di wilayah Regional Papua Maluku mengalami penurunan 1 persen, jika dibandingkan dengan realisasi normal periode Maret 2023, kata Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku Edi Mangun.

Satgas Rafi mulai bergerak sejak 1 April hingga 2 Mei 2023 untuk memastikan kebutuhan energi bagi masyarakat seperti ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) dan gas (LPG) tersalurkan dengan baik, dalam keterangan tertulis, Sabtu (6/5/2023).

Sedangkan untuk konsumsi gasoil (solar/dexlite dan pertamina dex) mengalami penurunan sebesar 11 persen dari realisasi periode Maret 2023.

"Saat ini masyarakat telah menyadari pemilihan BBM berkualitas dapat menjaga performa kendaraan tetap prima selama perjalanan mudik yang jaraknya cukup jauh. Apresiasi juga kami berikan kepada konsumen yang telah memilih produk-produk berkualitas Pertamina," katanya.

​​​​​​Untuk LPG mengalami penurunan 15 persen dan bahan bakar avtur mengalami penurunan sebesar empat persen jika dibandingkan dengan realisasi normal periode Maret 2023.

"Untuk LPG sedikit mengalami penurunan sekitar 15 persen dibanding periode Maret 2023. Kami sudah melakukan penyediaan stok dari sebelumnya karena waktu tempuh dari supply point membutuhkan waktu," kata Edi.

Sementara untuk sektor Industri selama masa Satgas Rafi 2023 mengalami kenaikan sebesar 19 persen. Kenaikan konsumsi tersebut terasa cukup signifikan.

Satgas Rafi 2023, kata Edi, telah menunjukkan dedikasi kepada masyarakat dalam menyalurkan serta menjaga menjaga ketahanan stok selama bulan Ramadhan hingga Idul Fitri, dengan berbagai inovasi pelayanan yang terus dilakukan, demi memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat.

"Kami sangat mengapresiasi totalitas tim Satgas Rafi 2023 yang telah bekerja keras untuk melayani kebutuhan BBM pemudik, sehingga kebutuhan BBM selama arus mudik maupun arus balik terpenuhi dengan sangat baik. Mereka tetap bekerja saat masyarakat merayakan Idul Fitri 1444 H,” katanya pula.

Berbagai layanan yang telah baik ini, akan dipertahankan dan terus ditingkatkan untuk tahun-tahun yang akan datang. Semuanya untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat, ujar dia lagi. (Penina Fiolana Mayaut/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini