Polairud Polda Maluku Imbau Anak Buah Kapal Waspadai Cuaca Buruk

Share:

Personel Ditpolairud Polda Maluku saat memberikan imbauan kepada para ABK di Perairan Maluku Tengah.
Photo: HO-Polda Maluku/ant

satumalukuID - Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Maluku mengimbau para anak buah kapal (ABK) yang berlayar di perairan Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) untuk mengantisipasi dan mewaspadai cuaca buruk.

Hal ini disampaikan saat personel Ditpolairud Polda Maluku melaksanakan Patroli rutin di wilayah perairan Kecamatan Seram Utara Timur Kobi dan Kecamatan Seram Utara Timur Seti, Kabupaten Malteng pada titik koordinat 02°52'55''S 129°53'25''E. 

Dirpolairud Polda Maluku Kombes Pol. Handoyo Santoso, di Ambon, Selasa , mengatakan personel Polairud memberikan pesan dan imbauan kepada nakhoda dan ABK kapal KM Trinity yang melintas di jalur pelayaran supaya lebih berhati-hati dan selalu mengutamakan keselamatan ketika sedang berlayar.

Selain itu, ABK juga diimbau untuk selalu memperhatikan peringatan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dikarenakan cuaca berubah-ubah dan terkadang ombak besar disertai angin kencang.

“Kami juga ingatkan apabila terjadi hal yang membahayakan nakhoda diimbau untuk mencari pulau terdekat,” kata Handoyo.

Ia mengaku, imbauan ini selalu diberikan ketika patroli rutin ini dijalankan dalam rangka pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas). 

“Kegiatan patroli pesisir ini bertujuan untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada masyarakat, sehingga masyarakat akan merasa terlindungi dengan kehadiran Polri khususnya Ditpolairud,” ujarnya.

Dalam beberapa hari terakhir , curah hujan tinggi hampir merata di Pulau Ambon dan Seram. Kondisi tersebut telah mengakibatkan sejumlah ruas jalan mengalami bencana longsor. Bahkan, wilayah perairan pun tak luput dari dampak gelombang dan angin kencang. (Winda Herman/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini