Kodam XVI Pattimura upacara tabur bunga di TMP Kapahaha Ambon

Share:

Upacara dan ziarah Kodam XVI Pattimura di TMP Kapahaha Ambon, Maluku, Kamis (11/5/2023).

satumalukuID - Komando Daerah Militer (Kodam) XVI/Pattimura menggelar upacara tabur bunga di Taman Makan Pahlawan (TMP) Kapahaha, Ambon, Maluku dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke 24 Kodam XVI/ Pattimura yang diperingati setiap 15 Mei.

"Kami melaksanakan upacara dan ziarah di TMP Kapahaha dalam rangka menyambut HUT ke-24 2023 Kodam XVI/Pattimura yang sebentar lagi akan diperingati pada 15 Mei," ujar Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Arh Adi Prayogo di Ambon, Kamis (11/5/2023).

TMP Kapahaha sendiri merupakan tempat pemakaman pahlawan terbesar di Kota Ambon.

Berdasarkan pantauan di lokasi, upacara tabur bunga dan ziarah tersebut berlangsung hikmad di tengah-tengah lokasi TMP Kapahaha meski diselimuti cuaca yang tak menentu di kota itu.

Kapendam mengatakan upacara serta ziarah dan tabur bunga ke pusara makam pahlawan ini bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur di medan tugas demi membela, mempertahankan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Ini mengingatkan kita khususnya kepada penerus bangsa agar tidak melupakan sejarah dan menghormati jasa para pahlawan terdahulu," kata dia.

Selain itu juga untuk mengenang kembali keteladanan, pengabdian dan pengorbanan para pahlawan dan menjadikan semangatnya sebagai panutan dalam meneruskan perjuangan para pendahulu Bangsa.

Tak hanya di TMP Kapahaha, upacara tabur bunga dan ziarah pun juga dilakukan di beberapa TMP lainnya di Kota Ambon seperti di TMP Slamet Riyadi.

Hadir selaku Inspektur Upacara Irdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Dadang Rukhiyana, Danrem 151/Binaiya, Brigjen TNI Aminton Manurung dengan peserta yang terdiri dari Prajurit Kodam XVI/Pattimura baik Pamen, Pama, Bintara dan Tamtama dan PNS serta anggota Persit KCK PD XVI/Pattimura. (Ode Dedy Lion Abdul Azis/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini