Kodam Pattimura Renovasi Sarana Pendidikan di Ambon pada HUT ke-24

Share:

Renovasi sarana pendidikan di Ambon.

satumalukuID - Komando Daerah Militer (Kodam) XVI/Pattimura merenovasi sarana pendidikan di Kota Ambon dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24.

"Dalam rangka memperingati HUT yang ke-24, Kodam XVI/Pattimura menyelenggarakan serangkaian kegiatan, Salah satunya di bidang pendidikan yaitu, renovasi gedung SD dan SMP Kartika XIII-1 Ambon yang berada di Jalan dr. Tamaela, Kelurahan Waihaong, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon," ujar Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Arh Adi Prayogo melalui keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Kamis (11/5/2023).

Ia mengatakan sekolah Yayasan Kartika merupakan salah satu sekolah binaan Kodam XVI/Pattimura, yang berdiri sejak 5 Agustus 1964 atas inisiasi Pangdam saat itu, yaitu Kolonel Boesiri.

Sekolah yang sempat bernama SMA Achmad Yani Ambon ini, telah beberapa kali berganti nama sesuai nama yayasan sebagai inang pengasuhnya.

Semulanya SMA Achmad Yani, kemudian berubah menjadi SMA Persit Kartika Chandra Kirana disingkat SMA KCK, sesudah itu SMA Kartika Achmad Yani, sesuai nama yayasan kemudian SMA Kartika VIII-1 Ambon sesuai Kodam VIII Trikora dan Kembali menjadi SMA Kartika XVIII-1 Ambon saat kembalinya Kodam XVI/Pattimura, dan berubah lagi menjadi SMA Kartika XIII-1 Ambon sampai sekarang.

"Sekolah tersebut sebagai salah satu upaya membangun pelayanan pendidikan sesuai pembukaan UUD 1945 yaitu ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, Kodam XVI/Pattimura berkomitmen melaksanakan secara bertahap perbaikan gedung dan rehabilitasinya sekolahan tersebut," kata dia menjelaskan.

Menurutnya perbaikan gedung sekolah yang representatif dapat meningkatkan layanan mutu pendidikan di satuan pendidikan yang ada.

Adapun pengerjaannya berupa rehabilitasi dan renovasi ringan beberapa ruangan yakni aula, teras SMP dan teras SD yang dikerjakan oleh anggota Zidam XVI/Pattimura, dengan target pengerjaannya diperkirakan satu minggu.

Lanjut dikatakan, dengan adanya sarana prasarana (Sapras) yang memadai, tentunya dapat meningkatkan akses layanan dan mutu pendidikan, yang berdampak meningkatkan partisipasi pendidikan jenjang SD, SMP maupun SMA.

"Kami berharap fasilitas sarana prasarana yang sudah dimiliki sekolah, agar digunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat memberikan kenyamanan proses belajar mengajar," kata dia.

Sementara itu Kepala SMA Kartika XIII-1 Ambon Dortea Adriansz mengucapkan terima kasih kepada Kodam XVI/Pattimura terutama, dalam hal ini Pangdam dan Ketua Persit KCK PD XVI/Pattimura beserta jajaran atas perhatiannya kepada dunia pendidikan serta sarananya.

"Bantuan rehabilitasi gedung ini tentunya sangat membantu pihak sekolah dalam memenuhi standar pelayanan khususnya, dalam proses kenyamanan belajar dan mengajar di sekolah ini," ujarnya. (Ode Dedy Lion Abdul Azis/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini